Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar

Dasar-pertanian : Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar- Singkong adalah tanaman umbi-umbian yang dapat tumbuh diberbagai macam wilayah. Singkong merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan segala kondisi tanah, baik, kering maupun basah. Memang menanam singkong ini cukup mudah sekali, cukup dengan ditancapkan ditanah saja ia sudah dapat tumbuh, tapi belum tentu singkong dapat berbuah. Namun untuk mendapatkan hasil singkong yang baik maka perlu dilakukan penanaman yang baik pula. Jika anda menginginkan hasil singkong yang besar dan maksimal, maka anda harus melakukan langkah-langkah yang akan saya berikan dibawah nanti.

Dibawah ini merupakan hasil penanaman singkong yang baik dan benar yang dapat saya perlihatkan kepada anda.
Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar
Penanaman singkong yang baik dan benar ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )
Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar
Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar

Untuk mendapatkan hasil singkong yang baik, serta dapat berbuah banyak, maka diperlukan yang namanya penggemburan tanah. Karena jika tanah yang anda tanami singkong itu keras dan tidak anda gemburkan terlebih dahulu, maka anda tidak akan mendapatkan hasil singkong yang baik, justru tidak akan mau berbuah.

Nah pada postingan kali ini saya mencoba memberikan sedikit Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar agar nanti anda mendapatkan hasil panen singkong yang berkualitas. Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan Lahan

Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar yang pertama adalah anda harus persiapkan dahulu lahan untuk menanam singkong ini. Adapun lahan yang baik untuk digunakan menanam singkong adalah lahan yang subur dan memiliki tanah gembur. Kemudian lahan harus memiliki ruang yang luar agar singkong dapat tumbuh dengan baik. Adapun persiapan yang  harus anda lakukan dalam penyiapan lahan adalah :
  • penggemburan tanah
  • membuat bedengan atau gundukan tanah
  • pemberian pupuk dasar

2. Menyiapkan bibit

Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar yang kedua adalah menyiapkan bibit singkong yang akan anda tanam. Adapun cara memilih bibit singkong ini bisa anda ambil batang singkong yang baik dan unggul. Caranya anda potong batang singkong menjadi beberapa bagian, kira-kira ukurannya 30-40 cm.

3. Menanam singkong

Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar yang ketiga adalah proses penaman singkong. Dalam menanam singkong anda tidak perlu susah-susah, cukup anda tancapkan saja batang singkong yang sudah anda potong-potong tadi pada lahan yang sudah anda gemburkan atau sudah anda buat bedengan. Atur jarak tanam kira-kira 60-70 cm sesuai besarnya ukuran bibit singkong yang anda tanam, jika bibit singkong yang anda tanam berasal dari bibit yang memiliki buah dan ukuran besar, maka bisa anda lebarkan lagi jarak tanamnya.
Baca juga : Cara Ampuh Agar Ubi Kayu Beasr-Besar

4. Pemupukan dan perawatan

Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar yang keempat adalah melakukan pemupukan pada tanaman singkong. Tanaman singkong harus dirawat dengan baik agar memperoleh ubi yang banyak dan berbobot. adapun cara melakukan perawatan tanaman singkong dapat dilakukan dengan melakukan pemupukan pada 3 minggu s/d 4 minggu pertama atau setelah singkong mulai mengeluarkan tunas dengan memiliki daun sekitar 5-7 helai. Pupuk yang baik adalah pupuk organik, bisa pupuk kandang atau pupr organik lainnya yang dijual ditoko pertanian terdekat. Jika anda pupuk dengan menggunakan pupuk kimia, yang bagus adalah ( Urea, TSP, KCL, dan sebagainya) dan lakukan dengan takaran yang disesuaikan dengan petunjuk yang tertera di karung pupuk.

Nah bagaimana cukup mudah kan menanam singkongitu ? Namun meskipun mudah menanam singkong tidak dapat disepelekan dan dianggap remeh, karena jika dianggap remeh maka anda tidak akan mendapatkan hasil singkong yang berkualitas.

Itulah beberapa Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Tips dan Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Benar"

Post a Comment