Mengenal Pupuk ZA dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Dasar Pertanian - Pupuk ZA adalah pupuk kimia ( anorganik ) yang banyak mengadung unsur hara Nitrogen (N) dan Belerang/sulfur (S). Pupuk ZA ini dibuat dan dirancang untuk menambah unsur hara pada tanaman. Pupuk ZA yang merupakan singkatan dari bahasa belanda yaitu zwavelzure ammoniak, yang  berarti amonium sulfat atau biasa disimbolkan dengan rumus (NH4SO4). Bentuk fisik dari pupuk ZA ini yaitu berbutir-butir seperti kristal hampir mirip dengan garam dapur. Pupuk ZA ini sangat mudah menyerap dalam air meskipun tidak sekuat pada pupuk Urea.

Pupuk ZA ini mengandung belerang sekitar 24% namun dalam bentuk sulfat, dan juga mengandung nitrogen sekitar 21% dalam bentuk amonium. Kandungan nitrogen pupuk ZA ini  hanya separuh dari  Pupuk Urea. Kebanyakan petani menggunakan pupu ZA hanya sebagai sumber penambah hara belerang pada tanah-tanah yang sedikit kandungan belerangnya.

Lalu apa saja fungsi dari pupuk ZA untuk tanaman? Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan mencoba berbagi informasi singkat dan pada tentang beberapa manfaat dari pupuk ZA untuk tanaman.

Mengenal Pupuk ZA dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Manfaat Pupuk ZA Bagi Tanaman

  • Dapat Meningkatkan dan memperbaiki kualitas produksi tanaman serta menambah nilai gizi pada hasil panen. Selain itu dapat juga meningkatkan kadar protein pati, padi, gula, lemak, vitamin, dll.
  • Dapat memperbaiki warna dan rasa hasil panen tanaman.
  • Menjadikan tanaman lebih sehat dan juga lebih tahan terhadap gangguan alam maupun lingkungan seperti (hama, penyakit, dan kekeringan).
Adapun manfaat belerang bagi tanaman antara lain sebagai berikut :
  • Untuk membantu dalam pembentukan butir hijau daun sehingga daun akan menjadi lebih hijau.
  • Untuk menambah kandungan vitamin dan protein pada hasil panen.
  • Dapat meningkatkan jumlah anakan pada tanaman.
  • Sangat penting dalam proses pembuatan zat gula.
Demikianlah sedikit informasi tentang Pupuk ZA dan Manfaatnya Bagi Tanaman, semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Pupuk ZA dan Manfaatnya Bagi Tanaman"

Post a Comment