Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Rumput Ilalang ( Alang-alang )

Dasar Pertanian - Tahukah anda apa itu rumput ilalang? Rumput ilalang atau biasa dikenal oleh masyarakat jawa dengan nama alang-alang adalah sejenis rumput berdaun tajam yang tumbuh ditanah kosong dengan kategori tanah keras. Rumput ilalang ini sering kali menjadi gulma di lahan pertanian. Nama ilmiah rumput ilalang adalah Imperata cylindrica yang masuk dalam anak suku Panicoideae. Rumput ilalang ini biasanya tumbuh subur pada lahan bekas bakaran, hutan yang habis ditebang lalu dibakar. Alang-alang adalah rumput tajam yang memiliki banyak manfaat. Karena akar dari rumput ini dapat dijadikan obat tradisional.

Dalam dunia pertanian, kehadiran rumput ilalang menjadi musuh bagi petani, karena rumput ini merupakan gulma berdaun sempit. Jika tidak di bersihkan, maka alang-alang ini akan mengganggu tanaman yang sudah kita budidayakan. Selain itu jika lahan pertanian kita ada rumput ilalang dan jumlahnya sangat banyak akan membuat kita sulit merawat tanaman yang kita tanam, misalnya mengganggu jalan kita, dan dapat juga menggores kaki maupun tangan kita sehingga menyebabkan luka.

Berikut ini merupakan klasifikasi dan morfologi rumput ilalang yang bisa anda pelajari dan mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.

Klasifikasi dan Morfologi Rumput Ilalang


Klasifikasi dan Morfologi Rumput Ilalang ( Alang-alang )


Klasifikasi Rumput Ilalang


Kingdom          : Plantae
Sub Kingdom   : Viridiplantae
Infra Kingdom : Streptopyta
Super Devisi    : Embryopyta
Devisi              : Tracheopyta
Sub Devisi       : Spermatophytina
Kelas                : Magnoliopsida
Super Ordo      : Lilianae
Ordo                 : Poales
Family             : Poaceae
Genus              : Imperata Cirillo
Species            : Imperata Cylindrica (L) Raeusch

Morfologi Rumput Ilalang


Ciri-ciri rumput ilalang adalah memiliki akar rimpang yang menjalar, bentuk akar mirip seperti tebu yang berbatas-batas. Pada bagian batang rumput ilalang memiliki ciri-ciri berbentuk silinder dengan diameter kira-kira berukuran 2-3 mm. Daun ilalang ini memiliki ciri-ciri seperti garis lurus memanjang dengan lebar kira-kira 5 mm. Sedangkan pada bagian bunga ilalang, ciri-ciri bunga ilalang adalah berbentuk seperti rambut memanjang dengan bulu-bulu halus berwarna putih.

Itulah sedikit penjelasan tentang Klasifikasi dan Morfologi Rumput Ilalang ( Alang-alang ), semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Rumput Ilalang ( Alang-alang )"

Post a Comment