Bolehkah Membakar Jerami Padi dilahan Sawah?

Dasar Pertanian - Pasca panen padi, biasanya para petani akan membakarnya dilahan sawah mereka. Kebiasaan ini memang sudah menjadi hal yang lumrah dan berlangsung cukup lama. Menurut pendapat mereka bahwa dengan membakar jerami padi dilahan sawah akan membuat sawah menjadi subur dan gembur, sehingga dapat meningkatkan hasil panen padi, serta dapat dijadikan pupuk alami dari abu jerami yang dibakar tersebut. Jika kita bertanya apakah boleh membakar jerami padi dilahan sawah? Jawabannya tergantung diri masing-masing, karena yang membolehkan dan melarang membakar jerami padi hanya petani itu sendiri. Tapi jika ingin hal yang baik tentu harus mengetahui terlebih dahulu ada tidaknya efek samping membakar jerami padi ini.

Bolehkah Membakar Jerami Padi dilahan Sawah?
Gambar jerami padi yang sedang dibakar ( Photo by : Wahyu Hendro Wibowo/admin dasar-pertanian )


Membakar jerami padi memang akan membuat tanah subur, namun ini hanya untuk jangka pendek saja, tidak untuk jangka panjang. Kenapa saya katakan demikian? Hal ini berdasarkan beberapa sumber yang telah kami baca bahwa membakar jerami padi dilahan sawah akan membuat tanah justru menjadi keras. Memang seperti yang saya katakan tadi bahwa hal ini tidak terjadi dalam waktu yang dekat, tetapi hal ini akan terjadi pada jangka panjang. Tahukah anda apa dampak buruk membakar jerami padi dilahan sawah?

Silahkan baca : Inilah Dampak Buruk Membakar Jerami Padi Dilahan Sawah

Setelah anda membaca artikel diatas tentu anda sudah tahu apa jawaban dari pertanyaan boleh tidaknya membakar jerami padi dilahan sawah. Kita tentu menginginkan hal yang baik pada sawah yang digarap. Jika tanah keras dan gersang, unsur hara mulai berkurang, maka tanaman padi akan sulit berkembang. Hal itulah yang akan terjadi nanti jika anda sering membakar jerami dilahan sawah secara terus-menerus.

Limbah padi atau jerami padi harus di manfaatkan dengan baik, jika kita melakukannya dengan benar, maka jerami padi akan berfungsi dengan baik. Salah satu manfaat jerami padi adalah bisa dijadikan sebagai pupuk kompos. Karena kandungan bahan organik pada jerami padi cukup banyak dan bermanfaat bagi kesuburan tanah.

Mudah-mudahan informasi singkat tentang pertanyaan boleh tidak membakar jerami padi dilahan sawah ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

 

0 Response to "Bolehkah Membakar Jerami Padi dilahan Sawah?"

Post a Comment