Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen

Dasar Pertanian - Budidaya padi menjadi kegiatan petani yang tinggal di pedesaan. Padi adalah sejenis tanaman penghasil pangan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh semua orang. Padi menjadi bahan makanan pokok masyarakat indonesia yang setelah digiling akan menjadi beras, dari beras lalu dimasak menjadi nasi. Menanam padi bisa dilakukan di sawah maupun dilahan darat. Biasanya para petani akan menanam padi setidaknya 3 kali dalam setahun, atau sekurang-kurangnya 2 kali setahun. Dengan intensitas air yang memadai, yaitu dengan adanya sistem irigasi yang membantu pemasokan air ke lahan pertanian padi, membuat proses budidaya padi berjalan dengan lancar. Setelah padi berumur kurang lebaih 95 hari atau 3 bulan, biasanya padi mulai memberikan tanda-tanda padi siap panen.

Bagi para petani tentunya tidak akan kesulitan dalam hal kapan padi siap panen, tapi bagi orang yang awam tentu saja mengetahui kapan padi siap untuk dipanen adalah hal yang sulit. Maka dari itu disini dasar-pertanian akan berbagi pengalaman tentang tanda-tanda padi siap panen. Sebenarnya untuk mengenali apakah umur padi yang dibudidayakan sudah siap untuk dipetik adalah mudah, ada beberapa tanda padi siap untuk dipanen. Berikut penjelasan ringkasnya yang mana sumber ini adalah hasil dari pengalaman kami sendiri dalam budidaya padi sawah.

 

Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen


1. Warna padi mulai menguning

Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen
Tanda padi siap panen sudah berwarna kuning ( Dokumen pribadi admin dasar-pertanian: Wahyu Hendro Wibowo )

 

Tanda-tanda padi siap panen bisa kita lihat dari perubahan warna padi yang menjadi kuning tua. Jika padi masih muda dan belum siap untuk dipanen akan berwarna hijau, jadi jika padi yang kita lihat sudah berwarna kunign tua maka itu salah satu tanda bahwa padi sudah tua dan siap untuk dipetik.


2. Warna daun juga berubah kuning kecoklatan

Tidak hanya padi saja yang berwarna kekuningan, tapi warna daun padi juga sudah berubah menjadi kuning kecoklatan, itu juga menandakan bahwa padi sudah tua dan siap untuk dipetik.


3. Padi semakin merunduk

Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen
Padi semakin merunduk karena sudah tua ( Dokumen pribadi admin dasar-pertanian: Wahyu Hendro Wibowo )

 

Semakin usia padi itu tua, maka padi juga akan semakin merunduk, jadi tanda bahwa padi sudah tua dan siap panen adalah tanaman padi semakin menunduk. Intinya adalah padi yang semakin merunduk menandakan padi sudah semakin berisi.


4. Munculnya hama burung

Salah satu tanda bahwa padi sudah tua dan siap untuk dipanen adalah munculnya hama burung yang semakin hari makin banyak. Makanya jika burung-burung pipit atau kalau kami bilang burung emprit sudah banyak yang menyerbu padi, maka itu menandakan padi sudah tua dan siap dipanen.

Itulah beberapa Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen yang selama ini kami alami, mudah-mudahan informasi singkat dari blog dasar-pertanian ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tanda-Tanda Padi Siap Untuk Di Panen"

Post a Comment