Mengenal Jenis-Jenis Talas

Dasar Pertanian - Talas atau lompong adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang banyak tumbuh dan berkembang didaerah bogor dan sekitarnya. Memang pada awalnya talas atau kalau kami menyebutnya lompong, tumbuh dan berkembang didaerah bogor, makanya disebut dengan talas bogor. Talas atau lompogn ini sangat banyak manfaat dan khasiatnya. Selain bisa digunakan sebagai bahan makanan, lompong talas juga bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional. Mulai dari umbinya sampai pda batang dan daun talas ini juga bermanfaat. Walaupun sekarang tidak banyak orang yang menggunakannya sebagai bahan makanan ataupun obat tradisional, tetapi masih ada diantara masyarakat kita khususnya daerah pedesaan yang memanfaatkan lompong talas ini sebagai bahan makanan dan obat tradisional. 

Tahukah anda bahwa talas ini memiliki jenis dan macam-macamnya. Nah pada kesemapatan kali ini dasar-pertanian akan bagikan sedikit informasi tentang Jenis-Jenis Talas atau Lompong yang perlu anda ketahui. Ada banyak jenis-jenis talas yang harus kita ketahui untuk menambah wawasan kita tentang tanaman talas. Apa saja jenis-jenis talas tersebut? Berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Talas atau Lompong


1. Talas Bogor

Jenis-Jenis Talas
Talas Bogor ( Colocasia esculenta L. Schoott )

 

Jenis talas yang pertama adalah Talas Bogor atau bahasa latinnya Colocasia esculenta L. Schoott. Talas bogor ini memiliki karakter yaitu umbinya berbentuk silinder sampai agak membulat. Talas Bogor ini mengandung kristal yang bisa menyebabkan gatal apabila terkena permukaan kulit kita. Apabila anda ingin menanam atau budidaya talas bogor ini, waktu atau masa yang paling tepat adalah sebelum musim penghujan. Talas bogor ini dapat berkembang biak dengan sistem anakan, umbi anakan atau bagian pangkal umbi serta bagian pelepah daunnya. Jika ingin tanaman talas bogor ini berkembang maka bagian anakannya harus dibuang supaya umbi indukannya dapat tumbuh menjadi besar. Biasanya talas ini dapat dipanen setelah berumur 6 – 9 bulan.

2. Talas Belitung ( kimpul )

Jenis-Jenis Talas
Talas Belitung ( Xanthosoma sagitifolium )

 

Talas belitung atau kalau kami menyebutnya dengan istilah kimpul, merupakan talas dari daerah belitung. Jadi ternyata kimpul yang sering kita dengar ini merupakan jenis talas belitung. Talas belitung atau kimpul ini  memiliki nama ilmiah yaitu Xanthosoma sagitifolium, dan masih termasuk famili Areacea, merupakan tumbuhan menahun yang memiliki umbi batang maupun batang palsu yang sebenarnya adalah tangkai daun. Sedangkan umbinya ini biasa manfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan makanan dengan cara pengolahannya yaitu direbus ataupun digoreng. 

3. Talas Padang

Jenis-Jenis Talas
Talas Padang ( Colocasia gigantea Hook F )

 

Jenis talas yang terakhir adalah talas padang. Talas padang yang memiliki nama ilmiah yaitu Colocasia gigantea Hook F, merupakan jenis talas yang sebenarnya hampir sama dengan jenis talas lainnya. Letak perbedaannya hanya terdapat pada ukuran pohonnya yang cendrung lebih besar, bahkan bisa mencapai tinggi 2 meter dan tangkai daunnya yang ditutupi lapisan seperti lilin berwarna putih. Selain itu urat-urat daunnya juga lebih kasar dibanding talas lainnya. Sedangkan untuk ukuran umbi induknya lumatan besar. Masyarakat padang biasa membudidayakan talas ini untuk dijadikan sebagai cemilan khas padang. Biasanya kalau kita pergi ke padang pasti tidak lupa dengan oleh-oleh khas padang yaitu keripik talas.

Jadi itulah beberapa jenis talas yang perlu kita ketahui, mudah-mudahan dengan adanya penjelasan tentang Jenis-Jenis Talas ini dapat menambah wawasan anda semua tentang budidaya talas. Semoga bermanfaat. 

7 Responses to "Mengenal Jenis-Jenis Talas"

  1. Replies
    1. Halo mas dikin..terimakasih anda telah berkungjung di dasar-pertanian ini.
      Setahu saya talas bolang adalah talas yang jika dimakan bisa menimbulkan rasa gatal-gatal. Selain itu jenis talas ini biasanya hanya dimanfaatkan untuk pajangan saja atau daunnya digunakan sebagai pakan ikan.

      Delete
  2. Kalo talas betawi itu apakh sama dengan talas bogor?? Mohon infonya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah baru dengar kalau ada nama talas betawi tuh..saya rasa tidak sama.

      Delete
  3. Om kalau talas bogor sama talas bentul itu sama gk?

    ReplyDelete
  4. Om kalau talas bogor sama talas bentul itu sama gk?

    ReplyDelete
  5. Kalau talas yang tumbuh di rawa lebak itu jenis talas apa y? Apakah punya referensinya? Terima kasih

    ReplyDelete