Inilah Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor

Dasar Pertanian - Budidaya cabe menjadi pilihan terbaik pada saat sekarang ini, bagaimana tidak? Harga cabe yang kini semakin melonjak naik mambuat para petani beralih untuk membudidayakan tanaman cabe ini. Memang dalam budidaya cabe membutuhkan keahlihan dan ketekunan kita serta ilmu dan wawasan tentang bagaimana cara budidaya cabai yang baik dan benar. Dengan demikian maka kita sudah memiliki satu peluang dan kesempatan untuk berhasil dalam budidaya cabe. Nah inilah kunci utama dalam memilih untuk menanam cabe, kerja keras, semangat, benyak belajar ilmu tentang bagaimana cara menanam cabe yang benar, dan lain sebagainya.

Ketika anda sudah memutuskan untuk melakukan budidaya cabe, baik cabe rawit maupun cabe merah, maka anda harus siap dengan segala resiko. Karena resiko yang sering dialami oleh para petani cabe adalah gagal panen. Penyebab petani cabe sering gagal panen ini sangat banyak, salah satunya adalah tanaman cabe diserang hama penyakit. Selian itu kurangnya pupuk dan nutrisi untuk tanaman cabe. Kenapa pupuk sangat penting bagi tanaman khususnya cabe in? Jelas fungsi pupuk adalah untuk memberikan nutrisi bagi tanaman cabe yang sudah kita tanam. Sama halnya dengan manusia, jika tidak diberi nutrisi atau makanan, maka akan lemas, sakit dan bahkan bisa mati.

Berbicara masalah pemupukan cabe, nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan berbagi sedikit pengalaman pribadi tentang bagaimana cara pemupukan cabe dan dosis yang tepat untuk memupuk cabe. Dalam hal ini saya memupuk cabe menggunakan sistem kocor dengan pupuk NPK Mutiara. Kenapa saya gunakan pupuk NPK mutiara? Karena salah satu keunggulan pupuk NPK mutiara adalah mengandung 5 unsur hara baik makro maupun mikro. Lebih jelasnya apa saja manfaat pupuk NPK mutiara bagi tanaman, silahkan baca penjelasannya pada link dibawah ini.
Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman

Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor
Gambar cabe berbuah lebat : Foto original dasar-pertanian

Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor


Lalu berapa kira-kira dosis pemupukan cabe dengan sistem kocor ini? Sebenarnya untuk dosis atau ukuran berapa banyaknya pupuk yang harus diberikan pada tanaman cabe bergantung pada tingkat kesuburan tanah. Kalau saya biasanya menggunakan 1 gr pupuk NPK mutiara untuk satu batang tanaman cabe. Cara membuat pupuk kocor untuk cabe ini cukup mudah bagi saya. Saya hanya cukup melarutkan 1 gr pupuk NPK mutiara pada 1 gelas aqua kemudian setelah larut saya mulai kocorkan atau siramkan pada tanaman cabe untuk satu batang. Tapi ingat ya..jangan mengenai batangnya, kocorkan pada sekeliling batang tanaman cabe anda kira-kira berjarak 5-10 cm dari pangkal batang tanaman. Jadi tinggal anda perkirakan saja berapa kebutuhan tanaman yang hendak dipupuk. Lalu berapa kali kita harur memberikan pupuk kocor pada tanaman cabe ini? Saya biasanya akan memupuk setiap seminggu sekali.

Untuk dosis pemupukan cabe dengan sistem kocor ini sebenarnya tidak harus sesuai dengan apa yang saya terapkan, sekali lagi itu semua bergantung pada tingkat kesuburan tanah anda. Jika tanah sudah subur, maka cukup terapkan seperti apa yang saya lakukan, tapi jika tanah kurang subur, boleh ditambah dosisnya.

Dengan mengkocor tanaman cabe secara rutin tersebut, maka saya mendapatkan hasil yang luar biasa. Tanaman cabe saya jadi subur, buahnya banyak dan gembel, tidak mudah terserang hama dan penyakit. Sehingga saya dapat menikmati jerih payah selama ini dalam merawat tanaman cabe. Mudah-mudahan informasi singkat tentang Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor"

Post a Comment