Cara Menanam Cabe Rawit Yang Paling Benar Supaya Berhasil

Dasar Pertaian - Cara Menanam Cabe Rawit Yang Benar adalah dengan menerapkan tahnik dan cara sehingga budidaya cabe rawit yang kita lakukan dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Hasil panen cabe yang bisa dikatakan memuaskan ialah jika panen cabe tersebut benar-benar melimpah, pertumbuhan cabe serta buah cabe rawit maksimal dan tidak mengalami sedikit gangguan sekalipun. Jika anda ingin melakukan budidaya cabe rawit yang baik dan benar, maka sudah jelas bahwa ilmu dan pengetahuan tetang bagaimana cara budidaya cabe rawit atau bagaimana caranya menanam cabe rawit yang baik dan benar bisa anda miliki. Dengan bekal ilmu, pengalaman dan belajar, maka dapat saya pastikan anda akan berhasil dalam budidaya cabe rawit.

Tahukah anda bahwa cabe rawit ini sangat banyak diminati orang-orang? Karena cabe rawit memiliki rasa pedas yang maksimal, sehingga bagi orang yang menyukai rasa pedas, pasti mereka tidak akan melewatkan cabe rawit dari menu masakan mereka. Jika anda salah satu dari banyak orang pecinta cabe rawit, maka anda bisa menanam sendiri cabe rawit dirumah. Karena menanam cabe rawit ini sangat mudah dilakukan dan cabe rawit ini mudah dibudidayakan disegala jenis dan kondisi tanah, baik dataran tinggi maupun dataran rendah.

Cabe rawit ini juga memiliki keunikan tersendiri dibanding cabe jenis lainnya. Meskipun bentuknya yang mungil, namun tingkat kepedasannya merupakan paling juara diantara jenis cabe lainnya. Maka dari itu banyak masyarakat yang menanam abe rawit sendiri dirumah sebagai alternatif untuk memudahkan mereka dalam menambah rasa pedas pada masakan tanpa harus mengeluarkan uang untuk beli cabe. Tertarik bagaimana cara menanam cabe rawit yang baik dan benar supaya dapat menghasilkan panen cabe rawit yang berkualitas? Yuk simak berikut penjelasannya.

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Paling Benar Supaya Berhasil

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Paling Benar Supaya Berhasil


Sebenarnya menanam cabe rawit dengan cabe merah itu tidak ada bedanya. Yang terpenting didalam menanam cabe rawit, tingkat kesuburan dan kegemburan tanah harus diprioritaskan. Setelah itu and ajuga harus sudah memiliki bibit cabe rawit yang siap tanam. Jika anda sudah memiliki lokasi atau lahan yang cocok untuk digunakan menanam cabe rawit, kemudian bibit cabe juga sudah ada, maka saatnya anda memulai persiapan untuk menanam cabe.

1. Buat bedengan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat bedengan. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Buat bedengan dengan lebar kira-kira 100-120 cm
  • Tinggi bedengan kira-kira 20-30 cm
  • Kemudian jarak antar bedengan adalah 30-40 cm, dengan arah bedengan memanjang kearah utara dan selatan.

2. Memberi pupuk

Sebelum bibit anda tanamkan pada bedengan, maka sebaiknya anda berikan dulu pupuk kandang pada bedengan tersebut. Gunakan pupuk kandang yang sudah matang, dengan ciri-ciri tidak berbau, tidak panas, dan kotoran ternak tersebut sudah lama bukan baru. Jika sudah ada maka silahkan anda tebar pada bedengan yang sudah disiapkan.

3. Atur jarak tanam

Setelah memberikan pupuk dasar, maka sekarang saatnya anda mengatur jarak tanam antar bibit pada bedengan. Jarak tanam yang baik untuk menanam cabe rawit adalah 50cm x 100cm, 50cm x 90cm, 60cm x 70cm. Jika jarak tanam terlalu rapat, maka akan membuat pertumbuhan tanaman cabe rawit menjadi lambat.

4. Menanam cabe rawit

Cara menanam cabe rawit yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
  • pilih bibit yang baik dan sehat.
  • masukkan bibit pada lubang tanam, dalam satu lubang berik 2 bibit cabe rawit.
  • timbun kembali lubang dengan tanah, kemudian buat pagar disekeliling tanaman agar tidak diganggu oleh binatang ternak.
  • beri tiang penyangga jika perlu agar menguatkan tanaman cabe rawit.

5. Lakukan perawatan

Perawatan dalam budidaya cabe rawit ini juga tidak ada bedanya dengan tanaman lainnya. Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari atau bisa disesuaikan dengan keadaan dan kondisi tanah. Bersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman cabe agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Caranya dengan mencabut atau menyiangi tajak, sabit atau alat lainnya. Selain itu agar hasil panen cabe rawit maksimal, perlu dilakukan pemupukan cabe rawit yang baik dan benar. Adapun jumlah pupuk yang dibutuhkan tanaman cabe rawit dalam 1 hektar adalah sebagai berikut :
  • Pupuk UREA = 200 kg
  • Pupuk TSP = 200 kg
  • Pupuk KCL = 150 kg
Selain itu anda juga harus menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman cabe rawit yang anda tanam. Hama yang biasanya sering menyerang tanaman cabai rawit ini adalah sebagai berikut :
  • Tungau marah
  • Kutu daun
  • Kutu gurem atau thrips
Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman cabe rawit ini adalah daun mengalami keriting dan buah menjadi tidak maksimal. Jika demikian segera lakukan penanganan agar tanaman cabe rawit segera membaik dan tidak keriting. Semprot dengan pembasmi hama dan penyakit secara rutin.
Baca Juga :  Cara Ampuh Budidaya Cabe Rawit Agar Cepat Sukses


Demikianlah informasi tentang Cara Menanam Cabe Rawit Yang Paling Benar Supaya Berhasil. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menanam Cabe Rawit Yang Paling Benar Supaya Berhasil"

Post a Comment