Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman

Dasar-Pertanian - Pupuk NPK mutiara merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung 5 unsur hara baik makro maupun mikro yang sangat diperlukan bagi tanaman. Pupuk NPK ini sebenarnya ada beberapa jenis seperti Pupuk NPK Mutiara dan Pupuk NPK Cair. Namun pada postingan kali ini dasar pertanian akan membahas tentang Manfaat dan Kegunaan Pupuk NPK Mutiara. Anda semua tentu tahu apa manfaat pupuk bagi tanaman, salah satu manfaat pupuk bagi tanaman adalah untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Tapi harus diperhatikan juga jenis pupuknya. Karena beda pupuk tentu beda manfaatnya, karena setiap pupuk akan mengandung unsur-unsur atau zat yang berbeda-beda serta fungsinya juga berbeda bagi setiap tanaman. Ada pupuk yang khusus untuk pertumbuhan akar, ada juga pupuk yang khusus untuk pertumbuhan batang dan daun, juga ada pupuk yang hanya berfungsi untuk buah. Jadi kita harus tahu membedakan mana pupuk yang sesuai dengan tanaman yang kita budidayakan.

Berbicara masalah pupuk, anda tentu mengenal jenis pupuk yang satu ini bukan? Yaitu pupuk NPK, yang juga termasuk kategori pupuk anorganik. Oh ya untuk perlu anda tahu juga bahwa jenis pupuk ini ada yang namanya pupuk organik dan juga pupuk anorganik. Pupuk organik ini biasanya berasal dari kotoran ternak atau bisa juga disebut pupuk kompos, sedangkan pupuk anorganik ini seperti pupuk Urea, NPK, KCL, ZA, dan lain-lain.

Sebagaimana disinggung diawal paragraf tadi bahwa kali ini akan dibahas tentang manfaat pupuk NPK Mutiara untuk tanaman. Pupuk NPK Mutiara ini memiliki ciri-ciri bentuk berbutir-butir seperti mutiara, berwarna biru pudar. Untuk jenisnya juga berbeda-beda tergantung merk dari perusahaan yang memproduksinya. Pupuk NPK Mutiara ini mengandung sekitar 16 % N (Nitrogen), 16 % P2O5 (Phospate), 16 % K2O (Kalium), 0,5 % MgO (Magnesium), dan juga 6 % CaO (Kalsium). Dengan banyaknya kandungan dalam pupuk NPK Mutiara tersebut maka biasa juga dikenal dengan istilah Pupuk NPK 16-16-16.

Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman


Untuk Keunggulan Pupuk NPK Mutiara ini sangatlah banyak,diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Untuk menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro pada tanah.
  • Mengandung banyak unsur hara NPK serta unsur hara mikro seperti CaO dan MgO yang jelas sangat dibutuhkan tanaman.
  • Sangat mudah dalam penggunaannya karena pupuk ini mudah larut.

Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman

  • Manfaat pupuk NPK Mutiara yang pertama adalah dapat mempercepat, memperbanyak, memperkuat, serta memperpanjang akar tanaman. Sehingga dengan demikian akar akan mudah menyerap hara pada tanah.
  • Mencegah tanaman agar tidak kerdil.
  • Mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman.
  • Memperkecil kemungkinan tanaman mengalami kerontokan bunga dan juga buah, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian.
  • Dapat meningkatkan fotosintesis tanaman sehingga pembentukan zat gula, tepung dan protein lebih meningkat.
  • Meningkatkan produksi buah.

Itulah beberapa Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

16 Responses to "Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman"

  1. Apakah pupuk ini cocok untuk tanaman durian, pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Pak berapa takarannya kalau tanaman cabe?,

    ReplyDelete
  3. Pak berapa takarannya kalau tanaman cabe?

    ReplyDelete
  4. halo pak imank rezpact..untuk tanaman cabai dosisnya disesuaikan dengan umur tanaman. Untuk tanaman cabai yang sudah berbuah bisa diberikan satu genggam pupuk NPK Mutiara

    ReplyDelete
  5. berapa dosis NPK untuk pohon durian yg sedang berbunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak Komang Addy Saryoga, untuk pohon durian, pemupukan dengan NPK Mutiara dapat disesuaikan pada usia tanaman, jika tanaman masih kecil, dosis pemupukan cukup 1-2 genggam pupuk saja, tpjika tanaman sudah besar dosispupuk bisa lebih dari itu. Dalam pemupukan jgn sampai terkena pohonnya, bisa anda tabur keliling atau buat lubang.

      Delete
  6. Pakk berapa kebutuan pupuk mutiara pd tanaman jagung trima kasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak Syaiful Amin..terimakasih telah berkunjung ke dasar-pertanian. kalau untuk tanaman jagung, berikan pupuk mutiara cukup satu genggamsaa pertanaman pdsaat usia tanaman 2 minggu, kemudian bisa dilanjutkan lagi pada sesi ketika tanaman jagung mau berbuah.

      Delete
    2. Pak untuk tanaman merica berapa takarannya?.terimakasih

      Delete
  7. Pak berapa kg/pohon untuk tanaman manggis umur 3-5thn

    ReplyDelete
  8. Berapa takaran untuk durian yang baru ditanam sebulan?

    ReplyDelete
  9. Berapa banyak pupuk yang digunakan untuk pohon durian yang baru di tanam sebulan?

    ReplyDelete
  10. Maaf pak mau tanya.. kalo npk untuk awal menanam pohon albasia apakah cocok.? Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. UNTUK TANAMAN ALBASIA/SENGON
      Pupuk Dasar :
      -Gunakan pupuk kadang 1-2 kg/lubang, NPK/Phonska 30 gram/lubang
      -Sampai tanaman berumur 1 tahun, sebaiknya pemupukan dilakukan 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK/Phonska dengan dosis yaitu 30 gr/tanaman.

      Delete