Inilah Manfaat Padi Untuk Kehidupan Manusia

Dasar Pertanian - Manfaat Padi Untuk Kehidupan Manusia sebenarnya sangatlah banyak. Padi atau bahasa latinnya Oryza Sativa ini merupakan tanaman penghasil beras, yang mana beras adalah bahan pokok makanan atau sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Beras yang dihasilkan dari tanaman padi tadi akan dimasak menjadi nasi, nah nasi inilah yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Nasi adalah makanan pokok yang selalu kita konsumsi dalam sehari-hari. Tanpa makan nasi mungkin tubuh kita akan lemas tidak bertenaga. Jadi sangat jelas sekali bahwa manfaat padi tersebut bisa menjadi sumber makanan pokok manusia.

Budidaya padi di negara Indonesia ini sudah berkembang cukup luas, terutama didaerah-daerah pedesaan yang masih mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani padi. Padi yang mereka budidayakan tersebut biasanya akan mereka tanam pada lahan yang disebut lahan persawahan. Anda pasti tahu apa itu sawah kan? Sawah adalah lahan pertanian yang digunakan sebagai media bercocok tanam padi. Jadi menanam padi ini pada umumnya dilakukan dilahan sawah, meskipun sekarang sudah banyak juga budidaya padi darat. Padi darat adalah padi yang dihasilkan dari budidaya tanaman padi didataran tinggi atau dilahan darat, biasanya didaerah pegunungan yang banyak terdapat tanaman padi darat ini.

Kalau kita berbicara masalah manfaat padi ini, tentu hal ini jelas berhubungan dengan manusia. Karena manusia yang menanam padi dan manusia juga yang akan mengkonsumsinya. Memang ada saatnya padi ini bermanfaat bagi hewan atau binatang, tapi lebih dominan bermanfaat bagi manusia. Untuk mengenal lebih jauh apa saja manfaat padi ini, tadi diawal paragraf admin sudah singgung sedikit tentang apa manfaat padi untuk manusia dan kehidupan. Nah dibawah ini merupakan beberapa manfaat padi yang bisa anda baca dan anda pahami untuk bahan referensi serta menambah wawasan anda semua.

Manfaat Padi Untuk Kehidupan Manusia
Padi Bermanfaat Sebagai Bahan Pokok Makanan


Manfaat Padi Untuk Kehidupan Manusia


1. Sebagai Bahan Pokok Makanan

Manfaat padi yang paling utama adalah sebagai bahan pokok makanan. Jadi sumber utama makanan kita adalah nasi, yang mana nasi ini dihasilkan dari padi yang ditanam oleh para petani. Padi ini banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti karbohidrat, energi, serat, gula, dan masih banyak lagi.

2. Sebagai Bahan Utama Pembuat Tepung

Manfaat padi selanjutnya adalah sebagai bahan utama pembuat tepung, ada tepung yang berasal dari padi yang biasa kita sebut tepung beras. Nah tepung beras ini bahan utamanya adalah padi. Jadi bisa dikatakan bahwa manfaat padi sebagai pembuat tepung beras.

3. Sebagai Bahan Pembuat Kue Atau Jajanan

Anda pasti pernah makan kue atau jajan yang terbuat dari beras bukan? Contohnya saja jajanan pulut, yang mana pulut tersebut awalnya juga berasal dari padi ketan. Nah jadi manfaat padi juga bisa sebagai bahan pembuat kue atau jajanan.

4. Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tahukah anda bahwa manfaat padi ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Karena kandungan zat-zat yang ada dalam padi ini salah satunya dapat berfungsi untuk kesehatan.

Itulah beberapa Manfaat Padi Untuk Kehidupan Manusia, sebenarnya masih banyak lagi kegunaan padi ini dalam kehidupan sehari-hari, mungkin keempat hal diatas sudah mewakili dari sekian banyak manfaat padi bagi manusia. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Manfaat Padi Untuk Kehidupan Manusia"

Post a Comment