Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok

Dasar Pertanian - Durian merupakan tanaman buah yang umumnya akan berbunga pada bulan Agustus hingga September setiap tahunnya. Namun kadangkala untuk berbuah tidak mesti harus menunggu bulan tersebut, tetapi pembuahan dapat dilakukan kapan saja sesuai keinginan kita. Pada umumnya pohon durian akan mulai berbunga dan berbuah secara serempak. Nah ketika pohon durian sudah mulai berbunga, maka ini hal yang akan menentukan hasil buah durian yang sudah kita budidayakan. Jika selama proses durian berbunga hingga menjadi buah, bunga durian tetap sehat, maka otomatis budidaya buah durian yang dilakukan berhasil. Namun jika selama proses durian berbunga sudah mengalami banyak masalah, seperti terjadinya kerontokan masal pada bunga durian, tentu akan membuat budidaya buah durian yang dilakukan gagal. Hal ini diperlukan Cara Ampuh Untuk Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok, agar bunga durian tidak lagi mengalami keguguran.

Pohon durian yang sedang berbunga ini biasanya sangat rentan terhadap bermacam-macam masalah seperti rontok ini. Ada banyak faktor yang menyebabkan bunga maupun bakal calon buah durian sering rontok. Sehingga jika kita tidak dapat mencari penyebabnya maka otomatis kita tidak tahu bagaimana cara mengatasi bunga durian yang sering rontok tersebut. Untuk itu diperlukan pemahaman kita, setidaknya kita tahu apa faktor penyebab bunga durian sering rontok.

Setelah anda mengetahui apa faktor yang menyebabkan bunga durian sering rontok, maka harus ada tips bagaimana mengatasi bunga durian yang sering kali mengalami gugur bunga. Jika tidak segera ditangani, maka dijamin anda bakal gagal panen durian, atau bahkan anda tidak akan pernah menikmati lezatnya buah durian karena setiap kali pohon durian yang anda tanam berbunga tidak sampai menjadi buah karena gugur bunganya. Untuk mengatasi bunga durian yang mudah rontok, disini dasar-pertanian akan membagikan Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok.

Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok
Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok


Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok


1. Rajin Melakukan Penyiraman

Jika pohon durian sudah mulai berbunga, anda harus lebih sering menyiramnya agar tanah tidak kering. Terutama pada musim kemarau, maka pasokan air harus tetap tersedia. Hal ini karena ketika pohon durian sedang berbuah, maka akan lebih banyak membutuhkan nutrisi dan air untuk memperkuat dan membuat bunga durian menjadi lebih sehat.


2. Usahakan Jangan Hanya Menanam Satu Pokok Durian Saja

Anda juga pastinya sudah membaca pada postingan sebelumnya tentang penyebab bunga durian sering rontok, yaitu tidak terjadinya penyerbukan silang. Nah jika selama ini pohon durian yang anda tanam berbunga dan tidak pernah menjadi buah karena sering gugur, bisa jadi faktor inilah penyebabnya. Jadi sebaiknya untuk mengatasi bunga durian yang sering rontok sebaiknya anda tidak hanya menanam satu pohon durian saja. Tanam yang banyak bila perlu supaya penyerbukan silang dapat dilakukan.


3. Penuhi Nutrisi Pohon Durian

Ketika pohon durian sudah mulai berbunga, selain anda melakukan penyiraman rutin, anda juga harus memberikan nutrisi berupa pupuk agar putik bunga yang diserbuki dapat menjadi buah durian. Selain itu pupuk ini bertujuan juga agar tangkai bunga durian menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Selain pupuk, anda juga bisa memberikan asupan nutrisi penguat bunga khusus untuk durian.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok. Mudah-mudahan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Semoga bunga durian yang anda budidayakan tidak lagi mengalami keguguran, sehingga anda bisa mendapatkan hasil buah durian yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Tips Ampuh Mengatasi Bunga Durian Yang Sering Rontok"

  1. DH Dasar Pertanian
    Obat jenis apa yang bisa menguatkan bunga durian agar tidak mudah rontok.
    Terima kasih.

    ReplyDelete