Cara Ampuh Agar Ubi Kayu Besar-Besar

Dasar Pertanian - Halo sobat pertanian semua.. apa kabar anda semua hari ini?  Pada postingan kali ini admin akan bagikan informasi tentang bagaimana cara agar ubi kayu dapat besar besar sehingga membuat kita merasa puas.  Ubi kayu atau biasa dikenal juga dengan sebutan singkong/ ketela pohon merupakan tanaman umbi yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari umbinya sampai daunnya memiliki manfaat yang cukup banyak, bahkan daun ubi kayu ini sering digunakan sebagai sayur atau lalapan oleh masyarakat.

Tahukah anda bahwa ubi kayu ini bisa besar-besar asalkan kira tahu cara merawatnya. Lho bukannya ubi kayu tidak perlu di rawat sudah bisa tumbuh sendiri? Ya memang ubi kayu tidak dirawat bisa tumbuh sendiri tetapi pertumbuhannya kurang maksimal. Jika kita menginginkan agar ubi kayu dapat berbuah besar di perlukan perawatan yang baik.  Berikut ini beberapa cara agar ubi kayu dapat besar-besar.

Cara Ampuh Agar Ubi Kayu Besar-Besar
Tanaman ubi kayu terlihat subur ( Foto pribadi dasar-pertanian )

1. Perlakuan pra tanam

Sebelum kita menanam ubi kayu maka kita harus menyiapkan lahannya terlebih dahulu.  Adapun yang harus kita lakukan adalah menggemburkan tanah dulu.  Bisa dengan cangkul atau garpu dan alat lainnya. Selain itu kita juga harus membersihkan lahan dari gulma atau rumput liar.
Setelah lahan siap kita bersikan dan sudah kita gemburkan, selanjutnya bibit kita tanam dengan menancapkan pada lahan. 

2. Perlakuan pasca tanam

Setelah bibit ubi ditanam, yang harus kita lakukan adalah merawat ubi kayu.  Tehnik perawatan ubi kayu agar berbuah besar adalah terletak pada kondisi tanah,  jika tanah gembur maka ubi kayu akan subur. Selain itu kita perlu memberikan pupuk guna menunjang tanaman tumbuh besar.  Pupuk yang bagus untuk ubi kayu adalah pupuk kompos atau pupuk kandang, anda juga bisa menambahkan pupuk urea. 

Jadi intinya cara agar ubi kayu bisa besar-besar adalah terletak pada kesuburan tanah dan juga pemupukan ubi kayu. Jika tanaman terus dirawat dengan baik maka akan tumbuh subur dan umbinya akan besar-besar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Agar Ubi Kayu Besar-Besar"

Post a Comment