Panduan Budidaya Jeruk Nipis Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Jeruk nipis adalah tanaman yang tergolong pada jenis tanaman buah yang banyak di manfaatkan masyarakat. Biasanya jeruk nipis ini sering digunakan untuk bumbu dapur, menghilangkan bau amis pada ikan atau daging dan lain sebagainya. Selain dapat digunakan dalam bumbu masakan, jeruk nipis ini juga sangat bagus sekali untuk kesehatan, biasanya jeruk nipis digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan jamu tradisional. Ada banyak seali khasiat jeruk nipis untuk kesehatan, makanya banyak masyarakat yang ingin menanam jeruk nipis sendiri dirumah.

Harga jeruk nipis ini bisa dikatakan lumayan mahal sehingga apabila anda mau membudidayakan dengan serius, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Cara menanam jeruk nipis tidak terlalu sulit, hanya butuh perawatan yang baik dan benar. Bagi anda yang ingin membudidayakan jeruk nipis, maka disini dasar-pertanian akan membagikan sedikit cara ataupun tips budidaya jeruk nipis yang baik dan benar. Karena jika anda tidak memperhatikan beberapa hal penting dalam menanam jeruk nipis, alhasil anda tidak akan mendapatkan keuntungan. Masalah yang sering timbul dan selalu dijumpai dalam budidaya jeruk nipis adalah jeruk nipis tidak mau berbuah, daun jeruk nipis kuning dan selalu rontok, dan masih banyak lagi permasalahan dalam budidaya jeruk nipis.

Berikut ini beberapa tahap yang bisa anda ikuti jika anda berencana untuk menanam atau membudidayakan jeruk nipis. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi anda yang mau budidaya jeruk nipis bagi pemula.

Panduan Budidaya Jeruk Nipis Yang Baik dan Benar


Cara Menanam Jeruk Nipis Yang Baik dan Benar


1. Persiapan lahan atau media tanam

Sebelum kita menanam jeruk nipis, tentu yang pertama harus dipersiapkan adalah lahan atau tempat kita menanam jeruk nipis. Media untuk menanam jeruk nipis ini bisa dilakukan dilahan kosong atau pekarangan rumah, dan bisa juga menanam jeruk nipis dalam pot. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah cara menanam jeruk nipis dilahan kosong saja. Persiapan lahan tidak terlalu rumit, langkah-langkah persiapan lahan antara lain :
  • Menggemburkan tanah atau lahan sebelum menanam bibit jeruk nipis. Gemburkan tanah dengan alat yang anda miliki, bisa cangkul, garpu, dan lain sebagainya.
  • Buat lubang tanam dengan jarak untuk setiap lubang tanam adalah 5-6 meter. Kenapa demikian? karena pohon jeruk nipis ini dapat tumbuh besar, jika terlalu rapat tidak bagus untuk perkembangan.
  • Menambah pupuk dasar, usahakan anda tambah pupuk dasar sebelum bibit ditanam. Biarkan lubang tanam selama 1 minggu.


2. Persiapan bibit

Setelah anda siapkan lahan dan lubang tanam, maka sekarang saatnya anda siapkan bibit jeruk nipis. Biasanya bibit jeruk nipis yang bagus adalah hasil dari stek dan cangkok batang. Karena bibit tersebut masih memiliki sifat induknya. Namun yang perlu diperhatikan sebelum mencangkok jeruk nipis adalah memilih pohon induk yang unggul.


3. Menanam jeruk nipis

Setelah bibit jeruk siap tanam, maka saatnya anda tanamkan bibit tersebut pada lubang tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jika bibit jeruk nipis ada dalam polibag, maka lepaskan plastik polybag dengan hati-hati jangan sampai tanahnya pecah atau hancur. Setelah bibit dimasukkan pada lubang tanam, maka timbun segera dengan tanah bercampur pupuk kandang.


4. Tahap perawatan

Perawatan jeruk nipis juga tidak terlalu rumit, namun tidak bisa dianggap mudah. Cara merawat tanaman jeruk nipis yang baik dan benar adalah sebagi berikut:
  • Menyiram secara rutin dipagi dan sore hari
  • Memberikan pupuk susulan
  • Melakukan pemangkasan
  • Membasmi dan menaggulangi hama penyakit

Dengan demikian anda sudah dapat membudidayakan jeruk nipis dengan baik dan benar. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Jangan lupa untuk terus berlangganan artikel ini dan jadi pembaca setia kami.

0 Response to "Panduan Budidaya Jeruk Nipis Yang Baik dan Benar"

Post a Comment