Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist

Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist - Jeruk adalah tanam buah yang banyak mengandung Vitaman C yang sangat baik untuk tubuh. Jeruk memiliki banyak jenis, ada yang lokal dan impor atau dari luar negeri. Salah satu buah jeruk yang sekarang banyak dibudidayakan oleh masyarakat adalah jenis jeruk sunkist lokal yang berwarna hijau. Memang menanam tanaman jeruk sunkis ini terbilang gampang-gampang susah. Kenapa saya bilang gampang-gampang susah? Karena jika menanam jeruk ini tidak betul-betul teliti dan kurang perawatan, maka akan banyak masalah yang menimpanya, salah satu masalah pada tanaman jeruk sunkist ini adalah hama yang suka menggangu pertumbuhan buah. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist.

Hama dan penyakit merupakan masalah yang umum dan pasti dialami oleh semua jenis tanaman. Termasuk pada tanaman buah jeruk sunkist ini. Hama pada tanaman jeruk ini biasanya bermacam-macam jenisnya. Yang paling sering adalah kumbang buah yang sangat suka sekali menghisap dan menyengat buah jeruk sehingga buah akan membusuk. Selain sejenis lebah, ada juga walang sangit namanya kalau saya bilang. Hama walang sangit ini biasanya menyerang pada tanaman padi, namun ada juga yang menyerang buah jeruk sunkist ini. Kalau penyakit pada tanaman buah jeruk sunkist ini juga bermacam-macam, namun penyakit ini biasa timbul karena serangan hama. Jadi yang membuat jengkel para petani adalah bila keadaan buah sudah mulai tumbuh namun buah tersebut banyak yang tidak menjadi karena banyak yang busuk dan juga penyakitan seperti tidak mau besar atau bongkek kalau saya bilang.

Dibawah ini merupakan gambar dari buah jeruk sunkist yang terserang hama penyakit :

Gambar 1
Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist
Buah jeruk yang busuk karena hama ( gambar oleh wahyu hendro wibowo )

Gambar 2
Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist
Buah jeruk yang tidak berkembang karena penyakit ( gambar oleh wahyu hendro wibowo )

Gambar 3
Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist
Daun buah jeruk terserang penyakit ( gambar oleh wahyu hendro wibowo )

Sebenarnya Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist ini cukup mudah sekali jika anda tahu caranya. Nah dibawah ini akan saya coba bagikan kepada anda tipsnya agar tanaman buah jeruk anda tidak lagi diserang hama sehingga nantinya hasil panen anda akan melimpah. Adapun Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist adalah sebagai berikut :

1. Lakukan perawatan Intensif
Dengan melakukan perawatan secara intensif akan meminimalisir terjadinya serangan hama dan penyakit. Tanaman jeruk merupakan jenis tanaman buah yang rawan akan hama penyakit. Jika tidak dilakukan perawatan intensif akan mengakibatkan tanaman mudah diserang hama penyakit.

2. Lakukan penyemprotan hama secara rutin
Dengan melakukan penyemprotan hama secara rutin, akan mengurangi resiko tanaman diserang hama penyakit. Penyemprotan dapat dilakukan minimal satu bulan sekali agar buah tetap terjaga dari serangan hama dan penyakit.

3. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap buah
Jika ada buah yang busuk segera buang agar tidak menular kebuah yang lain. Karena ada kemungkinan buah tersebut diserang oleh penyakit yang dapat menular ke buah yang lain.

4. Usahakan kondisi tanaman tetap subur 
Agar tanaman tetap subur lakukanlah penyiraman rutin terutama pada musim kemarau. Karena jika kondisi tanaman subur maka kesehatan tanaman akan terjaga. 

Demikianlah sedikit uraian tentang Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan umumnya para petani.

0 Response to "Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist"

Post a Comment