Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat

Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat - Kacang panjang merupakan sayuran berjenis kacang-kacangan yang berbentuk seperti tali memanjang. Kacang panjang tumbuh dengan menjalar sehingga memerlukan tiang penyangga agar tidak menyebar kemana-mana. Budidaya kacang panjang ini cukup mudah untuk dilakukan. Namun yang menjadi masalah umum adalah sering timbulnya hama dan penyakit yang mudah menyerang tanaman kacang panjang ini. Jika tidak teliti dalam merawat tanaman kacang panjang ini, maka serangan hama dan penyakit mungkin terjadi.

Kacang panjang sangat baik ditanam pada tanah yang memiliki tingkat kesuburan tinggi. Tehnik menanamnya pun sangat mudah. Tidak perlu menyemai bibit seperti pada tanaman cabai, namun langsung ditaburkan pada bedengan atau gundukan tanah yang sudah dipersiapkan dengan satu lubang diberi 2-3 bibit kacang panjang. 

Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat
gambar pribadi oleh wahyu hendro wibowo
Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat
gambar pribadi oleh wahyu hendro wibowo
Adapun Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat agar mendapatkan hasil yang maksimal bisa anda ikuti langkah-langkah yang pernah saya coba ini :

Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat

1. Siapkan lahan produktif dengan tekstur tanah yang subur
Sebelum menanam kacang panjang ini, langkah pertama yang harus ada dan anda persiapkan adalah lahan untuk tanaman kacang panjang. Setelah ada lahan yang akan ditanami kacang panjang ini, maka segera lakukan penggemburan tanah, atau dengan membuat bedengan ( gundukan tanah ) memanjang dengan lebar kira-kira 1 meter dan panjang sesuai selera anda. Usahakan bedengan memanjangnya menghadap ke utara dan selatan agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Setelah siap bedengan, langkah selanjutnya beri pupuk organik diatas bedengan secara merata, atau pupuk kandang juga bagus. Tapi jika akan menggunakan pupuk kandang, usahakan cari pupuk kandang yang sudah lama, jangan yang masih baru. Karena pupuk kandang yang masih baru memiliki suhu yang panas dan akan membuat tanaman mati.

2. Siapkan bibit kacang panjang kualitas super
Dalam memilih bibit kacang panjang ini bisa anda cari ditoko pertanian. carilah bibit yang super dan terbaik. Dengan memilih bibit yang berkualitas super ini, memungkinkan anda akan mendapatkan hasil terbaik dan berkualitas.

3. Tanam bibit kacang panjang dipagi hari
Kenapa saya menyuruh menanam bibit kacang panjang dipagi hari, karena pada pagi hari udara masih segar dan tidak banyak polusi. Usahakan jangan menanam ketika cuaca panas atau siang hari. Kalau tidak pagi hari sore haripun juga bisa. 

4. Cara menanamnya yaitu dengan memasukkan dua atau tiga bibit dalam satu lubang, setelah itu tutup kembali lubang dengan tanah. Setelah selesai, tutup bedengan dengan alang-alang agar tidak dimakan burung atau hewan peliharaan. Atau lebih baik lagi jika ada biaya, anda tutup dengan plastik mulsa. Namun cara ini membutuhkan biasa yang besar karena harus menyiapkan plastik mulsa yang banyak.

5. Lakukan perawatan intensif
Setelah proses penanaman selesai, lakukan perawatan rutin pada tanaman kacang panjang agar tidak mudah terkena gulma, hama dan penyakit. Lakukan penyiangan secara berkala sesuai tumbuhnya gulma atau rumput liar.

6. Lakukan penyemprotan gulma dan hama penyakit
Karena tanaman kacang panjang ini rawan terhadap gulma, hama dan penyakit, maka lakukanlah penyemprotan rutin dan penyiangan, agar tanaman kacang panjang bisa terjaga gulma atau rumput liar dan dari serangan hama penyakit. Kalau masalah gulma atau rumput liar ini sebenarnya tidak begitu bermasalah, karena biarpun ada gulma, tanaman akan tetap tumbuh. Namun jika yang menyerang hama, maka harus segera ditangani dengan penyemprotan hama.

7. Lakukan penyiraman teratur
Penyiraman kacang panjang harus dilakukan dengan rutin, setidaknya 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Lebih-lebih pada musim kemarau, agar bibit dapat tumbuh dengan baik maka penyiraman ini harus teratur.

8. Lakukan pemupukan secara berkala
Setelah bibit tumbuh dan mulai menjalar, lakukan pemupukan berkala, yaitu setidaknya 2 sampai 3 kali sampai usia panen.

9. Lakukan Perambatan
Karena tanaman kacang panjang ini sifatnya menjalar, maka harus anda beri tiang atau tempat kacang ini menjalar. Bisa pakai kayu atau bambu, kalau cara perambatan ini saya rasa mungkin anda sudah paham.

Itulah beberapa Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat yang dapat saya bagikan kepada anda dan mudah-mudahan bermanfaat bagi anda para pembaca semua. Berikan komentar anda dibawah untuk memperbaiki artikel ini kedepannya.

0 Response to "Tips Dan Cara Budidaya Kacang Panjang Super Cepat"

Post a Comment