Cara Sederhana Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri Dirumah

Tips Membuat Pupuk Nutrisi Hidroponik Dengan Mudah - Hidroponik merupakan sistem tanaman yang akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan. Memang bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik ini sangat menguntungkan. Bagi anda yang baru pertama kali mengenal sistem hidroponik dalam tanaman, mungkin akan sedikit bingung dan tidak tahu bagaimana cara menanam dengan cara hidroponik. Untuk itu silahkan baca :

Bercocok tanam hidroponik banyak keuntungannya bila dibandingkan dengan metode lain. Karena dengan menanam dengan sistem hidroponik, anda yang tidak memiliki banyak lahan pekarangan juga bisa bercocok tanam, baik sayuran, buah-buahan dan selain-lain. Karena salah satu kuntungan dan keunggulan tanaman hidroponik adalah tidak membutuhkan banyak tempat. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca juga : 
Keunggulan Bercocok Tanam Hidroponik
Dalam budidaya hidroponik, anda pasti akan membutuhkan yang namanya Nutrisi Hidroponik. Nutrisi hidroponik inilah yang menjadi pupuk untuk pertumbuhan tanaman. Ada banyak pupuk nutrisi hidroponik yang dijual di toko pertanian, salah satu nutrisi hidroponik yang sering digunakan adalah Nutrisi Hidroponik AB MIX. Namun bagi anda yang ingin membuat nutrisi hidroponik sendiri juga bisa kok. Dengan membuat pupuk nutrisi hidroponik sendiri, anda akan lebih menghemat biaya dan juga menambah pengalaman anda dibidang pertanian. Untuk itu silahkan bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri larutan nutrisi hidroponik bisa anda simak caranya dibawah ini.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri Dirumah

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri Dirumah


Bahan yang dibutuhkan:
  • Pupuk Urea ( 1000 gram )
  • Pupuk KCL ( 1000 gram )
  • Pupuk NPK ( 1000 gram )
  • Pupuk daun Gandasil / Growmore ( 50 gram )

Adapun peralatan yang dibutuhkan :
  • Ember dengan kapasitas 20 liter
  • Drum plastik dengan kapasitas 100 liter
  • Timbangan digital
  • Alat untuk pengaduk
  • Air ( boleh air sumur atau air sungai )
  • Jika ingin menggunakan Air PDAM syaratnya harus sudah diendapkan selama 7-10 hari.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik

  1. Silahkan anda masukkan semua bahan-bahan yang sudah ditimbang ke dalam wadah ember yang berkapasitas 20 liter tadi.
  2. Tuangkan air sumur atau air sungai sebanyak 20 liter ke dalam ember tersebut. Cara menuangkannya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-adu sampai semua pupuk mencair dan tidak ada lagi yang mengkristal dan mengendap.
  3. Setelah itu tuangkan larutan pupuk tadi ke dalam bak penampungan yang lebih besar dengan kapasitas 100 liter.
  4. Lalu tambahkan lagi air sumur ke dalam bak penampungan tersebut sambil diaduk-aduk hingga penuh.
  5. Larutan Nutrisi Hidroponik sudah siap digunakan.

Bagaimana cukup mudah dan simpel bukan? Demikianlah Cara Sederhana Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri Dirumah. Sekarang anda sudah bisa membuat sendiri pupuk nutrisi hidroponik dirumah. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

1 Response to "Cara Sederhana Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri Dirumah"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete