Cara Merawat Tanaman Cabai Dimusim Penghujan

Dasar Pertanian - Menanam cabe adalah hal yang mudah untuk dilakukan siapa saja, tetapi yang sulit adalah bagaimana cara merawat tanaman cabe agar menghasilkan cabe yang berkualitas. Jika kita bahas tentang tips budidaya cabe yang baik dan benar, mungkin anda sudah banyak tahu informasi tersebut. Tetapi kebanyakan informasi tentang perawatan cabe adalah hanya fokus kepada pemberian nutrisi dan pupuk, tidak banyak mereka yang membahas tentang bagaimana cara merawat cabe disegala kondisi, lebih lagi musim penghujan. Menanam cabai memang sangat mudah seperti saya katakan diatas tadi, yang sulit adalah bagaimana merawatnya. Apalagi kondisi musim dan cuaca yang ekstrim membuat banyak petani gagal panen. Untuk itu disini dasar-pertanian akan berbagi informasi seputar PERAWATAN CABE DIMUSIM PENGHUJAN

Ketika anda memutuskan untuk melakukan budidaya cabai, maka anda harus siap dengan segala resikonya, jika anda telaten dan rajin merawatnya maka anda akan panen cabai, begitu pula sebaliknya jika anda malas dan hanya tanam dan dibiarkan begitu saja maka anda tidak akan bisa panen cabe sampai kapanpun. Nah merawat cabe pada cuaca ekstrim atau musim hujan sangat sulit, karena pada saat itu air tanah akan berlebih dan ini akan membuat tanaman cabe bisa rusak. Begitu pula sebaiknya jika musim kemarau juga tidak baik dan dapat membuat air tanah menjadi kering. Tapi meskipun demikian, tentu ada upaya yang harus kita lakukan agar budidaya cabai yang kita lakukan bisa berhasil.

Berikut ini adalah bagaimana cara merawat tanaman cabe pada saat musim penghujan. Jadi dengan adanya informasi ini diharapkan anda bisa panen cabe meskipun dengan cuaca ekstrim alias musim hujan.

Cara Merawat Tanaman Cabai Dimusim Penghujan
Gambar tanaman cabai subur di musim penghujan


Cara Merawat Tanaman Cabai Dimusim Penghujan


1. Sebisa mungkin anda jaga intensitas air tanah

Ketika musim penghujan tiba, otomatis air tanah akan meningkat lebih banyak, dengan kondisi seperti itu anda tidak boleh lengah. Yang harus anda lakukan adalah anda harus menjaga kondisi air tanah agar tetap stabil. Lalu bagaimana dengan cuaca yang ekstrim seperti ini, hujan secara terus menerus? Buatlah bedengan yang tingi ketika anda akan menanam cabe, kemudian pastikan ada parit dikanan kiri bedengan agar pada saat hujan air hujan tidak menggenangi bendengan.

2. Beri pupuk secara rutin dan berkala

Untuk menambah daya tahan cabe terhadap cuaca, sebaiknya anda selalu rajin memberi pupuk pada tanaman cabe. Untuk dosis pemberian pupuk pada tanaman cabe bisa anda baca pada artikel saya dibawah ini.
Silahkan baca : Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor

3. Rajin membasmi hama dan gulma

Tidak hanya rajin memeri pupuk, tetapi yang harus anda lakukan selajutnya adalah anda harus rajin membasmi hama dan membersihkan gulma atau rumput liar agar pertumbuhan cabe menjadi maksimal. Biasanya pada musim penghujan, hama tanaman akan lebih agresif dan anda harus giat untuk memberantas hama pada tanaman cabe tersebut.
Baca juga : Cara Ampuh Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Cabe

4. Pastikan tanaman cabe dapat penyinaran matahari secara sempurna

Sebelum anda menanam cabe sebaiknya anda pilih lokasi yang dapat sinar matahari secara langsung. Sinar matahari langsung sangat bermanfaat bagi tanaman cabe dan juga tanaman lainnya.

Mungkin itulah sedikit informasi tentang Cara Merawat Tanaman Cabai Dimusim Penghujan. Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi anda semua.

0 Response to "Cara Merawat Tanaman Cabai Dimusim Penghujan"

Post a Comment