Cara Tepat Mengendalikan Gulma Pada Tanaman

Dasar Pertanian - Gulma merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi para petani yang membutuhkan penanganan dan penanggulangan. Gulma adalah rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman budidaya atau tumbuh pada lahan kosong yang tidak ditanami. Pertumbuhan gulma yang cukup cepat membuat tanaman bisa sulit untuk berkembang. Karena apabila tanaman budidaya ditumbuhi gulma pada sekelilingnya, otomatis kandungan dan nutirisi pupuk yang kita berikan pada tanaman budidaya akan diserap juga oleh gulma atau rumput liar tersebut. Nah hal inilah yang membuat pertumbuhan tanaman yang sudah kita budidayakan menjadi lambat dan sulit berkembang. Oleh sebab itu sangat penting untuk mencegah dan menanggulangi gulma pada tanaman.

Untuk cara mengendalikan gulma pada tanaman ini sebenarnya cukup mudah jika kita memahami karakteristik gulma tersebut. Perlu anda ketahui bahwa setiap tumbuhan gulma memiliki ciri dan karakter yang berbeda-beda. Ada gulma yang mudah dibasmi, cukup kita membersihkan dan menebasnya saja maka sudah langsung bersih dan lama tumbuh kembali, namun ada juga gulma yang sangat sulit untuk dibasmi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihkannya. Jadi itu kenapa pentingnya kita memahami ciri dan karakteristik gulma. Untuk jenis-jenis gulma sendiri juga sangat beragam, dan anda bisa membaca pada postingan saya sebelumnya dibawah ini.

Silahkan baca : Klasifikasi dan Jenis-Jenis Gulma

Lalu bagaimana cara tepat mengendailkan gulma pada tanaman agar tidak lagi tumbuh mengganggu tanaman yang sudah kita budidayakan. Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan bagikan beberapa cara tepat untuk mengendalikan gulma pada tanaman. Berikut penjelasannnya.

Cara Tepat Mengendalikan Gulma Pada Tanaman
Beberapa contoh jenis gulma



Cara Tepat Mengendalikan Gulma Pada Tanaman


1. Mengenali jenis dan karakteristik gulma

Sebelum anda mengedalikan gulma, maka sangat perlu anda mengenali jenis dan karakteristik dari gulma itu sendiri. Kenapa saya katakan sangat penting kita mengenali jenis dan karakteristik dari gulma ini? Tidak lain adalah untuk mempermudah kita dalam menanggulanginya, jadi kita tahu bagaimana cara menanggulangi gulma tersebut karena kita sudah tahu karakter dari rumput liar yang tumbuh pada lahan pertanian. Jika kita tidak tahu bagaimana karakteristik dari gulma tersebut, maka cara apapun yang kita lakukan untuk membasmi gulma tersebut tidak akan berhasil.


2. Mengendalikan gulma sebelum melakukan budidaya tanaman

Sebelum anda melakukan budidaya tanaman, misalnya anda akan menanam cabai pada lahan kosong yang terbuka, maka sebelum itu anda sebaiknya membersihkan terlebih dahulu rumput liar yang tumbuh dilahan tersebut. Dengan membersihkan gulma sebelum masa tanam akan mencegah peningkatan pertumbuhan gulma atau rumput liar, sehingga apabila gulma yang tumbuh hanya sedikit, maka kita lebih mudah untuk membersihkannya.


3. Rajin membersihkan gulma setiap saat

Cara tepat mengendalikan gulma pada tanaman selanjutnya adalah anda harus rajin membersihkan gulma yang mulai tumbuh pada lahan tempat anda melakukan budidaya tanaman. Jika rumput sudah mulai tumbuh, maka segera bersihkan sebelum bertambah banyak dan besar, karena jika anda biarkan begitu saja maka nanti akan lebih sulit anda membersihkannya.


4. Menggunakan herbisida yang tepat

Penggunaan herbisida untuk menanggulangi gulma adalah cara yang mudah dan simpel, dan cara ini juga banyak digunakan para petani dimanapun merka tinggal. Namun sebelum anda menggunakan herbisida sebaiknya anda pahami dulu bagaimana cara penggunaan dan dosis penggunaannya. Lalu apakah menyemprot gulma menggunakan herbisida ini aman bagi tanaman ?
Silahkan baca juga : Menyemprot Gulma Menggunakan Herbisida Apakah Aman Bagi Tamanan

Itulha beberapa tips dan cara bagaimana Cara Tepat Mengendalikan Gulma Pada Tanaman, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengalaman anda.

0 Response to "Cara Tepat Mengendalikan Gulma Pada Tanaman"

Post a Comment