Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern

Dasar Pertanian - Budidaya padi dilahan sawah merupakan kegiatan rutin masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Sama halnya dengan daerah dimana kami tinggal, rata-rata masyarakatnya adalah berprofesi sebagai petani padi. Sudah menjadi hal yang wajar jika pada saat musim tanam tiba, para petani diderah kami sibuk masing-masing dengan pekerjaannya. Biasanya mereka akan bersama-sama memulai menanam padi secara serentak. Kegiatan menanam padi serentak bertujuan agar tidak terjadi gagal panen, karena jika menanam padi hanya satu orang saja, otomatis hama seperti burung akan menghabiskan padi-padi. Untuk proses penanaman padi, pada umumnya petani menggunakan cara manual, yaitu mereka menanam menggunakan tangan. Benih yang sudah disemaikan dicabut dan kemudian ditanam satu persatu hingga selesai. Namun seiring berkembangnya dunia teknologi dibidang pertanian, sekarang sudah ada yang namanya mesin penanam padi modern. Apa keunggulan menanam padi menggunakan mesin modern ini?

Seperti yang akhir-akhir ini dilakukan petani padi didaerah kami tinggal, rata-rata petani padi sudah menanam menggunakan mesin penanam padi modern. Kalau kita berbicara manfaat menanam padi menggunakan mesin tanam modern sudah tentu sangat banyak. Meskipun demikian masih ada petani padi yang enggan dan tidak mau menggunakan mesin tanam padi modern. Katanya biayanya mahal dan hasilnya kurnag bagus. Padahal mereka belum pernah menggunakan mesin tanam padi modern sama sekali. Seperti yang admin tanyakan pada beberapa petani padi tentang apa saja keunggulan menanam padi menggunakan mesin tanam padi modern, berikut ini merupakan kesimpulan dari jawaban mereka.

Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern
Proses Penanam Padi Menggunakan Mesin Modern ( Foto Original Dasar-Pertanian oleh Wahyu H.W )


Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern


1. Menghemat biaya

Manfaat dan keunggulan menanam padi menggunakan mesin tanam padi modern yang pertama adalah dapat menghemat biaya. Berbeda jika menanam menggunakan tangan atau jasa buruh tanam padi. Perbandingannya seperti ini, jika kita menggunakan jasa buruh tanam untuk menanam padi seluas 1 hektar dan harus selesai dalam waktu 1 hari, maka membutuhkan setidaknya 10 orang buruh, dan upah satu hari sekarang untuk satu orang buruh sekitar 70 ribu. Maka untuk itu kita harus mengeluarkan 700 ribu. Berbeda jika kita menggunakan mesin penanam padi modern, upah untuk jasa penanam padi seluas 1 hektar hanya 150 - 200 ribu saja dan akan selesai dalam waktu 3-4 jam. Perbandingannya cukup banyak bukan, dan hasilnya juga bagus kok menggunakan mesin tanam padi modern ini. Hanya saja ada beberapa penyebab tidak maksimalnya penggunaan mesin tanam padi modern untuk menanam padi. Apa saja kelemahan dari menanam padi menggunakan mesin modern ini?
Silahkan baca : Kelemahan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern

2. Cepat selesai

Seperti yang admin singgung diawal tadi bahwa keunggulan menanam padi menggunakan mesin tanam modern adalah akan mempercepat proses penanaman. Bayangkan saja, hanya butuh waktu 3 jam untuk menanam padi seluas 1 hektar. Jika kita menggunakan tangan atau manual, maka butuh waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya.

3. Meringankan kerja petani

Keunggulan dan manfaat menanam padi menggunakan mesin tanam modern selanjutnya adalah dapat meringankan beban dan kerja petani. Contohnya saja pada saat pencabutan bibit pada persemaian. Jika menggunakan mesin tanam modern, sudah ada tempat berupa kotak seperti nampan yang disediakan, jadi ketika mau menanam kita tinggak mengambilnya dari kotak. Berbeda jika menanam menggunakan tangan manual, kita diharuskan mencabuti bibit dan itu sangatlah melelahkan dan lama.

Jadi itulah beberapa Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern menurut beberapa petani padi yang menanam menggunakan mesin penanam padi modern. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anda semua, semoga bermanfaat.

0 Response to "Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern"

Post a Comment