Beberapa Kelemahan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern

Dasar Pertanian - Menanam padi dengan menggunakan mesin tanam modern memang menjadi pilihan terbaik bagi petani padi. Pasalnya dengan menggunakan mesin penanam padi tersebut, akan memberikan banyak keuntungan, baik dari segi biaya maupun kecepatan penanaman padi. Seperti yang sering dilakukan petani padi yang ada di Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu Riau akhir-akhir ini. Padi yang umumnya ditanam menggunakan cara manual atau tangan, sekarang sudah tidak lagi dengan cara tersebut. Meskipun ada juga petani yang tidak mau menggunakan mesin modern penanam padi karena hal-hal tertentu. Hadirnya teknologi dibidang pertanian ini membuat perkembangan dunia tani semakin maju.

Seiring perkembangan teknologi dibidang pertanian maupun perkebunan, maka bertambah pula semangat para petani Indonesia dalam melakukan kegiatan rutin mereka. Begitu juga dengan adanya mesin penanam padi modern ini. Begitu banyaknya keunggulan dan manfaat dari mesin penanam padi modern ini, sehingga banyak petani yang menggunakannya. Lantas apa saja keunggulan menanam padi menggunakan mesin modern ini.
Silahkan baca : Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern

Setiap kemajuan teknologi pasti memiliki keunggulan dan keuntungan, tapi disamping itu ada juga sisi kelemahannya. Begitu pula dengan mesin penanam padi modern ini, ada beberapa kelemahannya. Berikut ini merupakan beberapa kelemahan dari mesin penanam padi modern.

Beberapa Kelemahan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern


1. Menghilangkan mata pencaharian buruh tanam

Salah satu kelemahan menanam padi dengan mesin moden adalah hilangnya mata pencaharian para buruh tanam padi. Dengan adanya mesin modern tersebut otomatis yang akan dirugikan adalah para buruh tanam, karena mereka tidak lagi digunakan jasanya untuk menanam padi.

2. Tidak bisa digunakan pada sawah sistem rawa

Kelemahan dari mesin penanam padi modern selanjutnya adalah tidak bisa digunakan pada sawah rawa atau memiliki kedalam yang tinggi dengan lumpur berlebih. Jika tetap digunakan maka hasilnya akan tidak maksimal. Seperti pada gambar dibawah ini terlihat supir mesin penanam padi kewalahan menanam padi dilahan rawa yang cukup dalam.

Kelemahan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern
Salah satu contoh kelemahan mesin tanam padi modern yang sulit digunakan pada sawah rawa


3. Harus digunakan pada area yang datar

Kelemahan mesin tanam padi modern selanjutnya adalah tidak bisa digunakan pada semua jenis sawah, harus digunakan pada sawah dengan area datar.

Itulah Beberapa Kelemahan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern yang dapat admin bagikan, semoga informasi ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Salam tani indonesia.

0 Response to "Beberapa Kelemahan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern"

Post a Comment