Manfaat Membajak Sawah Sebelum Menanam Padi

Dasar Pertanian - Manfaat membajak lahan persawahan sangat banyak sekali dan setiap petani padi selalu melakukan pembajakan sawah ini. Sawah yang akan digarap atau ditanami padi harus diolah sebaik mungkin agar proses budidaya padi dapat berjalan dengan baik. Artinya bukan hanya dalam proses penanaman saja yang baik, namun hasil yang akan diperoleh dari menanam padi tersebut juga akan baik. Karena jika hanya sekedar menanam padi saja tanpa ada proses yang tepat, tentu saja hasilnya juga tidak akan maksimal. Nah salah satu proses atau kegiatan sebelum menanam padi adalah dengan membajak sawah terlebih dahulu.

Apa itu membajak sawah? Mungkin bagi kita sudah tidak asing lagi terdengar kata membajak. Membajak adalah kegiatan mengolah tanah dengan cara membolak-balikkan tanah dengan tujuan supaya tanah menjadi gembur dan mudah untuk ditanami. Membajak sawah merupakan salah satu dari sekian banyak tahap budidaya padi.  Jika dilakukan dilahan sawah, maka membajak sawah ini bertujuan agar tanah di lahan sawah dapat melumpur, lunak dan tidak keras. Biasanya para petani akan memajak sawah mereka 2 kali pembjakan, artinya pembajakan yang pertama dilakukan untuk menggemburkan dan membalikkan tanah, dan pembajakn yang kedua dilakukan untuk melembutkan atau supaya lumpur disawah menjadi halus dan lembut.

Kalau kita berbicara masalah manfaat atau keuntungan dari membajak sawah ini sudah sangat jelas banyak sekali. Seperti yang admin katakan di awal paragraf tadi bahwa manfaat membajak lahan sawah sangat banyak. Berikut ini merupakan beberapa contoh manfaat dari pembajakan sawah.

Manfaat Membajak Sawah Sebelum Menanam Padi
Gambar kegiatan membajak sawah ( Foto original dasar-pertanian by Wahyu Hendro Wibowo )


Manfaat Membajak Sawah Sebelum Menanam Padi


1. Membersihkan gulma

Salah satu manfaat dari membajak sawah sebelum menanam padi adalah untuk membersihkan gulma atau rumput liar yang ada dilahan sawah. Karena jika kita menanam padi tanpa dilakukan pembajakan terlebih dahulu akan terkendala dengan banyaknya rumput. Selain itu jika lahan ditanami tanpa dibajak terlebih dahulu maka sama saja kita kerja sia-sia dan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggemburkan lahan sawah

Manfaat dari membajak sawah yang kedua adalah untuk menggemburkan lahan sawah. Dengan membajak sawah berarti kita membolak-balikkan tanah atau lumpur sawah sehingga menjadi lunak dan mudah untuk ditanami padi.

3. Dapat menambah unsur organik sawah

Ada juga manfaat lain membajak sawah ini yaitu dapat memberikan unsur organik alami, karena dengan membajak sawah maka gulma atau rumput liar dan biji-bijinya akan terbenam dalam sawah bercampur dengan tanah, sehingga akan membusuk dan menjadi pupuk alami.

4. Menghambat pertumbuhan hama dan penyakit

Manfaat membajak sawah selanjutnya adalah dapat menghambat pertumbuhan hama dan penyakit pada lahan sawah. Karena jika tanah atau lahan sawah tidak dibajak, dan langsung ditanam begitu saja, maka sudah pasti pertumbuhan hama dan penyakit akan banyak. Dengan membajak sawah, setidaknya kita dapat mengurangi resiko hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman padi sawah.

Itulah beberapa Manfaat Membajak Sawah Sebelum Menanam Padi yang dapat admin bagikan pada postingan kali ini, semoga artikel singkat ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Manfaat Membajak Sawah Sebelum Menanam Padi"

Post a Comment