Cara Membuat Pematang ( Galengan ) Sawah Dengan Mudah

Dasar Pertanian - Pematang atau biasa kami menyebutnya "galengan" merupakan gundukan tanah yang memiliki banyak fungsi atau manfaat. Meskipun kelihatan sepele tapi fungsi dari pematang sawah ini cukup penting bagi petani. Bahkan terlalu pentingnya membuat petani berusahan memperbaiki terus pematang pada lahan sawah mereka. Pada dasarnya pematang atau galengan sawah ini terbentuk karena adanya petak-petak sawah. Jadi secara otomatis jika sawah berpetak-petak sudah pasti ada pematang atau galengannya. Jika sawah tidak memiliki pematang atau galengan, maka sama saja bukan sawah namanya. Cara membuat pematang sawah ini sangat mudah dan semua petai sudah pasti dapat melakukannya.

Membuat galengan sawah yang baik dan benar bertujuan untuk lancarnya budidaya padi. Jika asal-asalan membuatnya maka akan buruk pula proses budidaya padi. Ukuran lebarnya pematang sawah ini juga menentukan kekuatan dari pematang tersebut. Jika kita membuat pematang dengan ukuran sangat kecil maka akan repot sendiri kita. Jangankan untuk mau memupuk dengan lancar, berjalan saja sudah susah karena terlalu sempitnya pematang yang kita buat. Untuk itu buatlah pematang sawah dengan benar.

Cara Membuat Pematang ( Galengan ) Sawah Dengan Mudah


  1. Siapkan segala peralatan yang dibutuhkan, seperti cangkul, sabit, dan alat pertanian lain.
  2. Jika kita hanya memperbaiki pematang sawah, maka bisa kita ambil lumpur yang ada di sekeliling pematang sawah tersebut. Silahkan tempelkan tanah lumpur yang memiliki tekstur paling keras pada pematang yang rusak.
  3. Setelah selesai membuat pematang sawah, biarkan dulu hingga kering dan jangan dipijak dulu.
Baca juga  : Manfaat Pematang ( Galengan ) Sawah
Sebenarnya proses pembuatan pematang sawah hanya itu dan ini cukup mudah untuk dilakukan, semoga informasi singkat ini bisa menambah wawasan anda di bidang pertanian.

0 Response to "Cara Membuat Pematang ( Galengan ) Sawah Dengan Mudah"

Post a Comment