Tehnik Jitu Mempercepat Usia Panen Bayam

Dasar Pertanian - Budidaya tanaman sayur seperti bayam ini memang cukup mudah dan simpel. Selain itu menanam bayam tidak membutuhkan keahliah khusus, hanya saja perlu beberapa tips dan tehnik sederhana. Bayam adalah tanaman sayur yang kaya akan manfaat, jika kita sering mengkonsumsi bayam secara rutin, maka tubuh kita akan sehat dan terhindar dari penyakit. Kandungan gizi dan vitamin yang ada pada sayur bayam bisa memperkebal daya tahan tubuh kita. Untuk mendapatkan sayuran bayam yang segar, kita bisa menanamnya sendiri kebun maupun pekarangan rumah. Pada postingan sebelumnya admin sudah membahas tentang bagaimana cara sederhana menanam bayam, dan kali ini kita akan kupas tehnik jitu mempercepat usia panen bayam.

Cara mempercepat masa panen bayam memang belu banyak dilakukan orang. Meskipun usia panen bayam bisa dikatakan relatif singkat paling sekitar 25-30 hari sudah bisa panen, namun jika ada yang lebih cepat dengan menggunakan tehnik sederhana kenapa tidak? Sebenarnya tehnik mempercepat masa panen bayam ini terletak pada ketekunan kita dalam merawat dan memberikan pupuk. Untuk lebih jelas bagaimana cara mempercepat usia panen bayam, berikut penjelasan singkatnya.

Tehnik Jitu Mempercepat Usia Panen Bayam

Tehnik Jitu Mempercepat Usia Panen Bayam


1. Tehnik dalam menyiapkanan lahan tanam

Dalam mengolah lahan tanam, harus benar-benar diperhatikan caranya. Silahkan anda buat bedengan yang memiliki lebar 1 meter dan panjangnya 10 meter. Hal ini supaya kita mudah dalam melakukan perawatan, seperti penyiraman maupun pemupukan. Tinggi bedengan buat 15 cm dan jarak setiap bedengan kira-kira 30 cm. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah sebaik mungkin agar nanti benih bayak dapat tumbuh dengan cepat.

2. Beri pupuk dasar

Jenis pupuk dasar yang bagus untuk tanaman bayam menurut pengalaman kami adalah kotoran ayam yang sudah kering. Karena jenis pupuk ini  mempunyai kandungan unsur hara Nitrogen (N) yang cukup tinggi jika dibanding jenis pupuk kandang lainnya. Tehnik pemupukan yang sangat disarankan adalah sebagi berikut :
  • Silahkan anda kerok bedengan sedalam 5 cm, kemudian taburkan pupuk kandang dari kotoran ayam secara merata.
  • Kemudian taburkan benih bayam diatasnya secara merata.
  • Setelah itu taburkan lagi pupuk kandang dari kotoran ayam diatasnya, sehingga hal ini terdapat dua lapis pupuk dasar.
Adapun tujuannya adalah supaya nutrisi yang diperoleh benih bayam menjadi ganda sehingga mempercepat pertumbuhan.

3. Tehnik penyiraman

Pada saat benih bayam habis ditaburkan hingga 4 hari kedepan, siramlah sebanyak 3 kali sehari agar kelembaban benih tetap terjaga. Dengan demikian benih akan cepat tumbuh. Setelah 4 hari anda bisa siram 1 kali dalam sehari, kalau tidak pagi hari sore hari.

4. Memberikan pupuk susulan

Jangan lupa untuk memberikan pupuk susulan, namun sebelum kita memberikan pupuk susulan, sebaiknya tanaman tidak disiram dulu selama 1 hari agar nanti dapat mempercepat penyerapa unsur hara yang ada pada pupuk. Setelah peupukan susulan selesai, biarkan dulu hingga 3-4 jam, setelah itu anda siram kembali.

Biasanya setelah 3 hari pasca pemupukan tahap kedua, bayam sudah bisa dipanen. Usia 15 hari pasca tanam biasanya bayam sudah bisa dipanen jika anda menerapkan cara diatas. Demikian sedikit informasi tentang Tehnik Jitu Mempercepat Usia Panen Bayam, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Tehnik Jitu Mempercepat Usia Panen Bayam"

Post a Comment