Inilah Lokasi Yang paling Disukai Hama Keong Mas Di Sawah

Dasar Pertanian - Hama keong menjadi trending topik tersendiri di kalangan petani padi akhir-akhir ini. Bagaimana tidak menjadi bahan pembicaraan, pasalnya akibat serangan hama keong yang semakin banyak itu, padi-padi mereka yang belum lama ditanam habis dimakan hama keong. Rata-rata lokasi yang paling banyak diserang adalah sawah yang memiliki banyak air dan berlumpur, atau sawah dengan tekstur rawa. Namun tidak hanya itu saja, sawah dengan keadaan kering pun juga tidak luput dari serangan hama keong. Sehingga banyak petani padi yang kesal dan kecewa dengan keadaan ini.

Sudah banyak alternatif yang digunakan untuk membasmi hama keong sawah, salah satunya adalah dengan membasmi hama keong menggunakan daun pepaya. Selain itu kita juga bisa mengendalikan hama ini dengan cara mengatur sistem pengelolaan air sawah dengan baik dan benar. Tapi anehnya, meskipun kita sudah berupaya membasmi hama keong sebaik mungkin, tetap saja masih ada hama keong yang muncul dan bersembunyi pada area tertentu, sehingga hama keong tetap saja ada. Pertanyaanya lalau dimana lokasi yang disukai hama keong untuk bersembunyi sehingga bebas dari pembasmian kita? Nah berikut ini dasar-pertanian akan mengulas dan memberikan jawaban tentang pertanyaan itu.

gambar telur keong mas
Gambar telur keong mas yang diletakkan di tepi pematang sawah ( foto original dasar-pertanian by : wahyu )


Beberapa Lokasi Yang Paling Disukai Hama Keong Mas Di Sawah


1. Tepi pematang sawah/galengen sawah

Inilah lokasi yang menjadi tempat favorit hama keong sawah untuk bersembunyi atau berteduh dari terik panas matahari. Karena pada dasarnya parit yang ada ditepi pematang sawah ini jelas berair, sehingga keong-keong sawah akan menuju kesana untuk bersembunyi.

2. Pematang sawah

Kalau lokasi yang satu ini sangat disukai hama keong untuk bertelur, karena dengan meletakkan telur dipematang sawah, besar kemungkinan telur-telur keong akan cepat menetas. Jika keong bertelur di area sawah, ata dibatang padi,maka jika terjadi banjir maka telur akan hanyut dan tidak jadi karena terendam air.

3. Didalam lumpur

Lokasi yang paling disukai hama keong untuk bersembunyi selanjutnya adalah didalam lumpur. Mungkin karena didalam lumpur kondisinys dingin dan lembab sehingga mereka menyukainya.

4. Dibalik daun atau sampah yang ada disawah

Selain itu ada juga tempat yang menjadi persinggahan hama keong sawah, yaitu dibalik daun-daun yang jatut kesawah, misalnya daun pohon karet, daun genjer, dan sebagainya, atau sampah yang terbawa arus hingga sampai disawah juga akan digunakan untuk bersembunyi para keong.

Itulah Beberapa Lokasi Yang paling Disukai Hama Keong Mas Di Sawah, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Lokasi Yang paling Disukai Hama Keong Mas Di Sawah"

Post a Comment