Manfaat Pupuk Bagi Tanaman

Dasar Pertanian - Manfaat pupuk bagi tanaman memang sangat banyak sekali. Pupuk merupakan nutrisi bagi tanaman, atau bisa juga dikatakan sebagai makanan bagi tanaman. Arti pupuk tidak hanya sebagai nutrisi maupun makanan bagi tanaman saja, melainkan lebih dari itu. Tanaman yang diberikan pupuk dengan tanaman yang tidak diberi pupuk jelas memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Disamping sebagai sumber nutrisi bagi tanaman, pupuk juga memiliki ciri khusus dan jenisnya masing-masing. Macam-macam pupuk bagi tanaman juga bervariasi, mulai dari pupuk organik, pupuk anorganik/kimia, pupuk buatan sendiri, pupuk kocor, dan lain sebagainya.

Penggunaan pupuk pada tanaman juga perlu diperhatikan dengan seksama, jadi tidak sekedar memupuk tetapi tehnik dan cara pemupukan tanaman yang baik dan banar harus diperhatikan. Metode pemupukan tanaman ini juga bervariasi. Apa saja sih metode dalam pemupukan tanaman tersebut, dan seberapa pentingnya metode pemupukan sehingga sampai harus benar-benar diperhatikan?

Silahkan Baca : Mengenal Metode Pemupukan Tanaman

Jenis pupuk yang sering digunakan petani adalah pupuk organik dan pupuk anorganik atau pupuk kimia. Pupuk organik merupakan pupuk hayati dan terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung unsur kimia sama sekali, sedangkan pupuk anorganik atau pupuk kimia merupakan pupuk yang terbuat dari bahan kimia. Untuk lebih jelas apa saja perbedaan kedua pupuk tersebut silahkan anda baca pada artikel kami yang lain dibawah ini.

Silahkan baca : Perbedaan Antara Pupuk Organik (Alami) Dengan Pupuk Anorganik (Kimia)
  
Kembali lagi pada topik kita kali ini yaitu manfaat pupuk bagi tanaman, sebagaimana sudah kami rangkum dibawah ini merupakan beberapa manfaat pupuk bagi tanaman. 
 
Manfaat Pupuk Bagi Tanaman
Gambar Petani Sedang Memupuk Tanaman Padi


Manfaat Pupuk Bagi Tanaman

  1. Dapat meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan serta perkembangan tanaman yng sudah kita budidayakan.
  2. Dapat meningkatkan hasil produksi tanaman.
  3. Dapat mempercepat hasil produksi tanaman.
  4. Dapat meningkatkan kesuburan tanaman yang kita budidayakan sehingga tanaman lebih tahan dari berbagai macam hama dan penyakit.
  5. Dapat memanipulasi lingkungan di sekitar tanaman sehingga sesuai untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman yang bersangkutan. 
  6. Dapat merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun tanaman.
  7. Dapat menstabilkan kandungan unsur hara yg ada didalamm tanah.
Sebenarnya masih banyak lagi Manfaat Pupuk Bagi Tanaman, namun beberapa poin diatas rasanya sudah mewakili dari semua manfaat pupuk terhadap tanaman. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Pupuk Bagi Tanaman"

Post a Comment