Inilah Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menyemprot Tanaman Padi

Dasar Pertanian - Penyemprotan tanaman padi adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua petani padi. Menyemprot tanaman sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Penyemprotan tanaman padi memiliki maksud dan tujuan tersendiri. Dengan menyemprot, harapan petani padi adalah mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Menyemprot adalah kegiatan memberikan semburan air yang telah diberikan pestisida maupun pupuk dengan maksud dan tujuan supaya :
  • Jika Pestisida yang disemprot amaka tujuannya adalah untuk membasmi hama dan penyakit tanaman padi. 
  • Jika Herbisida yang disemprot maka tujuannya adalah untuk membasmi glma atau rumput liar.
  • Sedangkan jika cairan pupuk yang disemprotkan tujuannya adalah supaya tanaman menjadi sehat dan subur.
Pada tanaman padi, pada umumnya petani melakukan penyemprotan adalah untuk memberantas serangan hama, mencegah penyakit, dan membasi gulma atau rumput liar. Didalam melakukan penyemprotan tanaman padi, baik itu menyemprot untuk mengendalikan hama penyakit muapun untuk mengendalikan gulma, diperlukan waktu yang tepat. Maksudnya adalah kapan waktu yang paling tepat untuk menyemprot tanaman padi. Jika kita tidak memperhatikan kapan boleh tidaknya menyemprot tanaman padi, maka bisa jadi kita salah waktu. Berikut ini merupakaan waktu yang paling tepat untuk menyemprot tanaman padi.

Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menyemprot Tanaman Padi


Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menyemprot Tanaman Padi


1. Sebelum jam 09.00 WIB

Waktu yang paling tepat untuk melakukan penyemprotaa tanaman padi adalah pagi hari sebelum jam 09.00 WIB. Kenapa harus sebelum 09.00 WIB jika pagi hari? Jawabannya adalah karena pada pagi hari sebelum jam 09.00 WIB, matahari belum panas, tapi setelah jam 09.00WIB panas matahari sudah  sangat menyengat, sehingga tidak baik jika melakukan penyemprotan.


2. Sore hari jam 15.30 WIB s/d jam 17.00 WIB

Sedangkan waktu yang paling tepat untuk menyemprot tanaman padi selanjutnya adalah sore hari, tepatnya jam 15.30 WIB sampai jam 17.00 WIB. Pada sore hari jam segitu matahari juga sudah mulai terbenam sehingga cuaca tidak lagi panas.

Itulah Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menyemprot Tanaman Padi, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menyemprot Tanaman Padi"

Post a Comment