Mengenal Klasifikasi dan Jenis-Jenis Jahe

Dasar Pertanian - Jahe merupakan tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Selain itu jane ini juga bermanfaat sebagai bumbu masakan dapur. Begitu banyaknya manfaat dari tanaman yang memiliki nama latin Zingiber Officinale ini membuat banyak orang membudidayakannya. Klasifikasi dan jenis-jenis jahe akan admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel yang membahas tentang jenis-jenis jahe ini dapat memberikan wawasan bagi anda semua.

Tanaman jahe dapat dibedakan menjadi 3 jenis atau varietas, dan ketiga jenis jahe ini adalah tanaman jahe yang banyak dijumpai dan dijual dipasar-pasar tradisional. Jenis-jenis jahe ini dibedakan berdasarkan pada ukuran, bentuk serta warnanya. Apa saja jenis-jenis jahe tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Klasifikasi dan Jenis-Jenis Jahe


1. Jahe gajah atau jahe badak.

Jenis jahe yang satu ini meruapakn salah satu jenis jahe dari varietas unggul dan memiliki bentuk dan ukuran cukup besar. Makanya dikatakan sebagai jahe gajah atau badak karena bentuk ukurannya yang cukup besar bila dibanding dengan jahe sejenisnya. Warna dari jahe ini adalah putih agak kekuningan. Jahe gajah atau jahe badak ini sangat bagus dikonsumsi, baik yang masih muda maupun yang sudah tua.

2. Jahe emprit atau jahe sunti

Jenis jahe yang selanjutnya biasa disebut sebagai jahe emprit atau jahe sunti. Dikatakan sebagai jahe emprit karena bentuknya yang mungil dengan ruasnya kecil-kecil. Jahe ini baru bisa dipanen ketika sudah tua. Jahe emprit ini memiliki kandungan minyak atsirin yang lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas, disamping itu jahe ini memiliki serat yang cukup tinggi. Jahe emprit ini cocok untuk membuat ramuan obat-obatan, atau bisa juga untuk diekstrak oleoresin dan minyak atsirinya.

3. Jahe merah

Jenis jahe yang selanjutnya adalah jahe merah. Anda pasti sudha tahu dengan jahe ini bukan? Jahe merah merupakan jahe yang memiliki ukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis jahe sebelumnya. namun mekipun ukurannya kecil, tapi rasa pedas jahe merah sangat kuat bila dibanding dengan jahe sebelumya.

Itulah beberapa Jenis-Jenis Jahe yang dapat admin bagikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Mengenal Klasifikasi dan Jenis-Jenis Jahe"

Post a Comment