Tehnik Penyemprotan Padi Yang Benar dan Tepat

Dasar Pertanian - Menyemprot tanaman padi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh para petani padi untuk memperoleh hasil panen yang maksimal. Apa hubungan antara penyemprotan dengan hasil panen padi? Hubungannya adalah cukup erat dan tidak bisa dipisahkan. Pasalnya buidaya padi pasti selalu ada gangguan baik itu serangan hama dan penyakit, maupun rumput liar atau gulma yang tumbuh disekeliling tanaman padi. Jika tidak dilakukan penyemprotan maka pertumbuhan padi akan terhambat. Jika pertumbuhan padi terhambat maka hasil panen juga otomatis tidak maksimal. Menyemprot tanaman padi juga tidak boleh sembarang semprot. Ada tehnik penyemprotan padi yang baik dan benar.

Tehnik penyemprotan tanaman padi yang benar dan tepat harus sesuai dengan usia padi tersebut. Misalnya padi yang berumur 1 minggu tentu berbeda dengan tanaman padi yang sudah berisi. Selain itu kita harus memperhatikan juga waktu penyemprotan padi, kapan waktu dilarang untuk menyemprot tanaman padi, jadi itu semua harus kita perhatikan dengan baik. Adapun tehnik penyemprotan padi yang benar dan tepat harus memperhatikan beberapa hal berikut ini : 

Tehnik Penyemprotan Padi Yang Benar dan Tepat
Gambar penyemprotan padi pasca panen ( Dokumen pribadi dasar-pertanian by Wahyu Hendro Wibowo )


Tehnik Penyemprotan Padi Yang Benar dan Tepat


1. Waktu yang tepat penyemprotan

Supaya tujuan dari penyemprotan padi dapat terpenuhi dengan baik, baik menyemprot untuk memberantas hama maupun gulma, maka waktu penyemprotan harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Kapan Waktu penyemprotan padi yang paling tepat? Waktu penyemprotan padi yang tepat adalah ketika mulut daun ( stoma ) terbuka, kalau di lihat dari segi jam adalah pagi hari sampai jam 09.00 dan sore hari sekitar jam 15.30 sampai jam 17.00. Kenapa tidak boleh menyemprot diatas jam 09.00 - 15.30 ? Karena  pada jam tersebut stoma akan tertutup sehingga kurang efektif untuk menyemprot. Tidak hanya itu, pada jam 09.00 - 15.30 matahari sangat terik sehingga malah bisa menyebabkan tanaman menjadi layu.

2. Menyemprot padi pada bagian yang tepat

Mana bagian yang harus disemprot pada tanaman padi? Nah ini juga menentukan keberhasilan kita dalam menyemprot tanaman padi. Agar penyemprotan pestisida efektif, maka semprotlah pada seluruh bagian tanaman. Jika penyemprotan hanya untuk memberikan pupuk atau nutrisi daun, maka baian daun saja yang harus disemprot. Namun demikian sebenarnya seluruh bagia tanaman padi dapat menyerap pupuk.
Baca juga : Cara Penyemprotan Hama Wereng yang Benar dan Tepat

3. Perhatikan kondisi cuaca

Sebagaimana admin katakan tadi bahwa waktu menyemprot tanaman padi yang tepat adalah antara pagi hari sebelum jam 09.00 dan jam 15.30 sampai jam 17.00. Meskipun demikian kondisi cuaca juga perlu diperhatikan. Jangan menyemprot tanaman pada saat musim hujan, penyemprotan tanaman padi yang efektif adalah pada saat kondisi cuaca cerah. Jika menyemprot padi pada musim penghujan, maka akibatnya kerja kita menjadi sia-sia. Bagimana tidak, kita habis menyemprot dan belum ada satu jam sudah turun hujan, maka pestisida maupun pupuk yang kita semprotkan akan hilang terkena air hujan.

Itulah beberapa Tehnik Penyemprotan Padi Yang Benar dan Tepat, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tehnik Penyemprotan Padi Yang Benar dan Tepat"

Post a Comment