Mengenal Hama Keong Mas ( Klasifikasi dan Morfologi )

Dasar Pertanian - Keong mas adalah salah satu jenis siput yang juga merupakan hama pertanian. Keong mas ini merupakan siput yang hidup pada perairan air tawar yang mampu bertahan hidpu cukup lama. Keong mas ini awalnya berasal dari Amerika Selatan dan baru dikenal di Indonesia sekitar tahun 1986. Keong mas ini termask dalam keluarga Ampullaridae dengan ordo Pulmolata. Bentuknya yang cantik dan seperti emas ini membuat banyak orang mengoleksi dan membudidayakannya. Namun bagi petani padi, keong mas seakan jadi musuh yang harus dibasmi, kalu tidak akan menghabiskan padi-padi mereka.

Klasifikasi dan morfologi keong mas akan admin kupas dalam artikel singkat ini, semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan ilmu dan wawasan bagi pembaca semua. Berikut ini merupakan Klasifikasi dari keong mas dan Morfologinya.
 
Mengenal Hama Keong Mas ( Klasifikasi dan Morfologi )
Hama keong mas pada lahan sawah ( Foto original dasar-pertanian by : Wahyu Hendro Wibowo )



Klasifikasi dan Morfologi Keong Mas



Klasifikasi Keong Mas

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Moluska
  • Kelas : Gantropoda
  • Ordo : Pulmolata
  • Familia : Ampullaridae
  • Genus : Pomacea
  • Spesies : Pamacea canalicula L

Morfologi Keong Mas


Keong mas ini merupakan jenis siput yang umumnya hidup didaerah yang lembab dan berair. Lebih sering berada disawah dan menjadi hama bagi petani padi. Ciri-ciri keong mas adalah memiliki warna kuning keemasan, dengan cangkang yang mengkilap, dan pada mulut cangkangnya terdapat operculum berbentuk bulat yang berwarna coklat agak kehitaman pada bagian luar sedangkan dalamnya berwarna coklat kekuningan. Kaki keong mas ini berbentuk segitiga dengan bentuk mengecil pada bagian belakang. Adapun makanan keong ini adalah daun-daun kecil seperti daun padi dan lain sebagainya.

Itulah sedikit informasi singkat tentang Klasifikasi dan Morfologi Keong Mas, semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Hama Keong Mas ( Klasifikasi dan Morfologi )"

Post a Comment