Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Dasar Pertanian - Selamat datang di blog dasar-pertanian ini, yang mana blog ini membahas seputar dasar-dasar pertanian dan semua informasi tentang dunia tani, mulai dari budidaya tanaman sampai membahas masalah pupuk. Pada kesempatan kali ini akan dibahas adalah tentang pupuk kompos. Apakah anda tahu apa itu pupuk kompos? Jika anda masih belum tahu apa pengertian dari pupuk kompos, maka di sini adalah tempatnya anda akan mengetahui defenisi pupuk kompos serta apa manfaat dari pupuk kompos bagi tanaman.

Pengertian Pupuk Kompos


Pupuk kompos adalah pupuk organik yang dibuat dengan proses pembusukan sisa-sisa bahan organik, baik limbah tanaman maupun hewan yang di olah dengan melakukan fermentasi terlebih dahulu. Pupuk kompos ini sangat bagus sekali untuk tanaman karena banyak kandungan unsur hara. Makanya tak heran kita lihat sekarang banyak para petani yang membuat sendiri pupuk kompos. Manfaat penggunaan pupuk organik bagi tanaman sudah banyak dirasakan para petani.
Baca juga : Inilah Keuntungan Penggunaan Pupuk Organik Pada Pertanian dan Perkebunan

Adapun proses pengomposan pupuk ini dapat berlangsung dengan melibatkan oksigen (aerobik) dan tanpa oksigen (anaerobik). Maksud dari proses pengomposan dapat diartikan sebagai proses penguraian bahan organik secara biologis yang dilakukan oleh mikroba-mikroba dengan memanfaatkan bahan organik sebagai energi nya. Dengan demikian proses pengomposan dapat berjalan dengan baik.

Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman


Pembuatan pupuk pupuk kompos menggunakan bahan utama yaitu sampah, ada dua jenis sampah yang dapat digunakan dalam pembuatan pupuk kompos ini, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari bahan organik seperti rumput kering, jerami padi, sekam padi dan lain sebagainya. Sedangkan sampah anorganik terdiri dari plastik, stereofoam/gabus, logam, dan lain.

Itulah pengertian dari pupuk kompos, lalu apa manfaat dari pupuk kompos tersebut bagi tanaman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, admin sudah bahas pada postingan selanjutnya pada link berikut ini.
Baca : Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman

Demikianlah sedikit informasi tentang pupuk kompos beserta manfaatnya bagi tanaman, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda dan bisa memberikan inspirasi bagi anda yang ingin membuat pupuk kompos. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman"

Post a Comment