Jenis-Jenis Pupuk Kimia, Kandungan dan Kegunaannya

Dasar Pertanian - Pupuk kimia adalah jenis pupuk buatan yang banyak mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman. Misalnya unsur Nitrogen (N), Fosfor, Kalium, dan lain sebagainya. Manfaat pupuk kimia sebagai penambah unsur hara memang banyak dirasakan para petani. Karena dalam hal ini banyak petani yang menggunakan pupuk kimia sebagai pupuk utama dalam meningkatkan pertanian maupun perkebunan mereka. Tak heran kita lihat juga kebutuhan pupuk kimia lebih meningkat bila dibanding dengan pupuk organik. Lantas kenapa petani lebih senang menggunakan pupuk kimia dari pada pupuk organik, apa pula perbedaan antara pupuk kimia dengan pupuk organik?

Kalau kita berbicara masalah alasan kenapa petani lebih banyak yang menggunakan pupuk kimia dari pada pupuk organik, pastinya mereka memiliki alasan dan pendapat tersendiri. Pada postingan sebelumnya admin sudah bahas apa saja alasan petani lebih suka menggunakan pupuk kimia dari pada pupuk organik.
Silahan baca : Inilah Alasan Kenapa Petani Memilih Pupuk Kimia

Jika kita cermati dengan baik, sebenarnya memupuk menggunakan pupuk kimia ada baik dan buruknya. Baiknya adalah untuk jangka pendek dan buruknya untuk jangka panjang. Karena jika tanah terlalu sering diberi pupuk kimia, lambat laun akan menjadi keras dan kehilangan unsur hara. Selain itu ada juga dampak buruk penggunaan pupuk kimia pada tanaman yang dilakukan secara berlebihan.

Nah kembali lagi pada topik kali, yaitu pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan bahas tentang Jenis-Jenis Pupuk Kimia, Kandungan dan Kegunaannya. Setelah kita tahu apa saja jenis pupuk kimia, apa pula kandungan dalam pupuk kimia dan apa manfaat pupuk kimia bagi tanaman.

Jenis-Jenis Pupuk Kimia


Jenis dan variasi pupuk kimia sangat banyak dan beragam, muali dari pupuk Urea, Pupuk NPK, Pupuk KCL, Pupuk TSP, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan beberapa jenis pupuk kimia yang sering digunakan petani dan kandungannya.

1. Pupuk UREA

Pupuk Urea merupakan pupuk kimia yang banyak mengandung unsur Nitrogen (N) hingga 46 %. Pupuk Urea sering di simbolkan dengan rumus NH2 CONH2. Bentuknya yang butir-butir berwarna putih seperti mutiara. Lebih jelas tentang pupuk Urea silahkan baca penjelasannya pada link berikut ini.
Baca : Inilah Kandungan Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman

2. Pupuk NPK

Pupuk NPK juga termasuk salah satu dari sekian banyak pupuk kimia. Pupuk NPK ini mengandung unsur Nitrogen, Phospor, dan Kalium. Bahkan pupuk NPK ini juga terbagi-bagi dalam beberapa jenis, ada NPK Mutiara, NPK Phonska, NPK 16-16-16 dan lain-lain.

3. Pupuk KCL

Pupuk kimia yang selanjutnya adalah pupuk KCL, pupuk ini banyak mendung unsur kalim dengan kadar yang melimpah. Banyak sekali fungsi dan kegunaan dari pupuk KCL ini sehingga banyak petani yang menggunakannya.

4. Pupuk TSP

Jenis pupuk kimia selanjutnya bernama pupuk TSP ( Triple Super Phosphat ) yang merupakan pupuk kimia dengan kandungan unsur fosfor dalam jumlah yang banyak. Manfaat dari pupuk TSP ini juga banyak bagi tanaman.

Sebenarnya masih ada lagi jenis pupuk kimia yang sering digunakan petani, lain kali akan dibahas lebih lanjut. Semoga bermanfaat

0 Response to "Jenis-Jenis Pupuk Kimia, Kandungan dan Kegunaannya"

Post a Comment