Cara Ampuh Membasmi Hama Tanaman Sawi

Dasar Pertanian - Sawi merupakan tanaman sayur yang banyak manfaat. Sawi adalah tanaman sayuran yang banyak di gemari dikalangan masyarakat. Tanaman sayur ini dapat di olah menjadi berbagai masakan seperti tumis, sayur bening bahkan bakso mie ayampun biasanya menggunakan sawi. Untuk membudidayakan sawi memang butuh kerja keras, karena banyak hamayang suka mengganggu tanaman sawi. Musuh utama yakni HPT alias Hama dan Penyakit Tanaman Sawi. Siapapun pasti tidak ingin tanaman sawinya yang segar dan hijau menjadi rusak bahkan mati karena hama. Tapi jangan takut, karena di postingan kali ini dasar-pertanian akan berbagi Pengalaman tentang Cara Mudah dan Ampuh Membasmi Hama dan Penyakit Tanaman Sawi.

Berikut ini adalah hama yang sering menyerang tanaman sawi dan cara mengatasinya :

Cara Ampuh Membasmi Hama Tanaman Sawi


1. Ulat Tanah (Agrotis sp)

Ulat Tanah ini biasa menyerang akar tanaman sawi sehingga tanaman menjadi layu menguning dan bahkan tanaman akan mati.
Pencegahan agar tanaman tidak di serang hama Ulat Tanah atau Agrotis sp ini adalah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jika tanaman sudah terserang hama Ulat Tanah atau Agrotis sp ini adalah dengan penyemprotan insektisida dengan takaran dosis tertentu.

2. Ulat grayak (Spodoptera litura dan Spodoptera axigua)

Ulat Grayak ini biasa menyerang daun tanaman sawi. Tanaman sawi yang terserang hama Ulat grayak ditandai dengan kondisi daun berlubang, menguning dan bagian daun tidak beraturan.
Pencegahan agar tanaman tidak di serang hama Ulat Grayak ini adalah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jika tanaman sudah terserang hama Ulat Grayak ini adalah dengan penyemprotan insektisida seperti Curacron 500 Ec, Buldok 25 EC dan Matador 25 Ec dengan takaran dosis tertentu.

3. Ulat perusak daun (Plutella xylostella)

Pencegahan agar tanaman tidak di serang hama Ulat perusak daun atau Plutella xylostella ini adalah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
dari namanya sudah pasi kita tau hama ini menyerang daun sawi. ulat perusak daun sawi ini dapat mengakibatkan daun sawi berlubang-lubang, permukaan daun rusak dan bahkan kering.
Cara mengatasi jika tanaman sawi sudah terserang hama Ulat perusak daun atau Plutella xylostella ini adalah dengan penyemprotan insektisida seperti Proclaim 5 SG, Decis, Buldok 25 EC dan March 50 EC.

Berikut ini adalah penyakit yang sering menyerang tanaman sawi dan cara mengatasinya:

1. Penyakit Bercak Daun

Kondisi daun tanaman sawi yeng terserang penyakit ini ditandai dengan bercak kuning pada daun hingga coklat kehitaman bahkan dapat mengakibatkan daun layu dan mati.
Pencegahan agar tanaman tidak terjangkit penyakit Bercak Daun ini adalah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jika tanaman sawi sudah terjangkit penyakit Bercak Daun ini adalah dengan penyemprotan tanaman sawi menggunakan fungisida berbahan aktif berupa Bion M 1/ 48 WP.

2. Penyakit Busuk alternaria

Kondisi tanaman sawi yeng terserang penyakit ini ditandai dengan akar tanaman kering, membusuk dan sawi akan mati.
Pencegahan agar tanaman tidak terjangkit penyakit Busuk alternaria ini adalah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jika tanaman sawi sudah terjangkit penyakit Busuk alternaria ini adalah dengan penyemprotan tanaman sawi menggunakan fungisida seperti Dithane dengan dosis tertentu.

3. Penyakit akar gada (Plasmodiophora brassicae)

Kondisi tanaman sawi yeng terserang penyakit ini ditandai dengan akar tanaman sawi membusuk, kering dan mengakibatkan sawi mati.
Pencegahan agar tanaman tidak terjangkit Penyakit akar gada ini adalah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.

4. Penyakit busuk daun (Phytotora sp)

Kondisi tanaman sawi yeng terserang penyakit ini ditandai dengan terdapat lendir pada daun kemudian daun menguning dan akan mati.
Pencegahan agar tanaman tidak terjangkit Penyakit busuk daun atau Phytotora sp ini adalah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jika tanaman sawi sudah terjangkit penyakit Penyakit busuk daun atau Phytotora sp ini adalah melakukan penyemprotan fungisida seperti Topsin M 70 WB dan Kocide 60 WDG dan Bion M 1/48 Wp pada tanaman sawi dengan dosis tertentu.

Itulah beberapa Cara Ampuh Untuk Membasi Hama Pada Tanaman Sawi, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Membasmi Hama Tanaman Sawi"

Post a Comment