Keunggulan Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa

Dasar Pertanian - Keunggulan Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa - Buah semangka merupakan buah yang banyak mengandung Vitamin yang baik untuk tubuh kita. Buah semangka memiliki banyak kandungan air didalamnya sehingga apabila kita memakannya akan terasa segar. Apalagi bila cuaca panas sangat cocok menikmati buah semangka ini. Buah semangka banyak dijual dipasar maupun toko-toko buah dan mudah kita jumpai. Namun jika kita bisa menanamnya sendiri alangkah senang dan tentu banyak keuntungannya. Masalahnya untuk menanam buah semangka ini cukup sulit sekali, apalagi kondisi cuaca yang tidak menentu. Buah semangka sangat cocok ditanam pada tanah yang gembur dan subur, seperti lahan bekas pembakaran sangat baik digunakan untuk menanam buah semangka ini.

Dahulu orang menanam buah semangka ini dilakukan dengan cara membuat gundukan tanah, lalu diberi pupuk dan langsung bibit ditanam. Tapi sekarang dengan kemajuan informasi dan teknologi, ada metode yang sangat ampuh jika diterapkan dalam menanam buah semangka. Yaitu dengan cara pemberian plastik diatas gundukan tanah atau disebut mulsa. Dengan cara ini akan menghasilkan buah yang jauh lebih baik dan bibit tanaman akan terlindungi dari ganguan hama dan binatang.  


Keunggulan Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa

  1. Kualitas buah menjadi bagus
  2. Unsur hara pada tanah akan tetap terjaga
  3. Bibit tanaman ketika masih ditabur akan terlindungi
  4. Mempermudah proses penyiraman
  5. Mengurangi resiko penyakit dan hama pada tanaman
  6. Pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat dan baik
Gambar 1
Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa
tehnik menanam semangka metode mulsa ( gambar oleh wahyu hendro wibowo )

Gambar2
Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa
panen semangka ( gambar oleh wahyu hendro wibowo )
Jadi pada intinya tehnik atau cara Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Jika anda ingin menanam buah semangka gunakanlah cara ini, memang sih membutuhkan biaya yang banyak, namun itu semua akan tergantikan dangan keuntungan yang berlipat-lipat. Buktikan sendiri kalau anda tidak percaya.
Demikian artikel tentang Keunggulan Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Keunggulan Menanam Buah Semangka Dengan Metode Mulsa"

Post a Comment