Cara Memilih Benih Talas Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Budidaya talas merupakan kegiatan pertanian yang bisa di katakan menguntungkan jika kita mau melakukannya dengan benar. Karena talas ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Ada banyak jenis-jenis talas yang bisa di budidayakan dan kita bisa memilih dan menentukan sendiri mana jenis talas yang akan di budidayakan. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis talas, anda bisa membacanya pada artikel sebelumnya yang sudah admin posting pada link di bawah ini.
Silahkan baca : Mengenal Jenis-Jenis Talas

Hal paling penting sebelum kita menanam talas adalah pemilihan benih talas atau bibit talas. Jika kita tidak salah dalam memilih benih talas, dalam arti kata bibit yang kita tanam adalah bibit terbaik, maka hasil panen talas juga akan baik. Berikut ini beberapa tips untuk memilih benih talas yang baik dan benar agar tidak salah pilih. Namun sebelum itu kita harus menentukan terlebih dahulu metode pembibitan talas yang akan kita gunakan. Karena ada 2 metode dalam pembibitan talas, yaitu dengan tunas dan umbi. Dari 2 metode tersebut yang admin rekomendasikan atau juga paling banyak di gunakan petani adalah dengan menggunakan umbi.

Cara Memilih Benih Talas Yang Baik dan Benar


1. Mengenali asal benih

Sebelum kita menanam bibit talas (umbi) maka kita harus mengenali terlebih dahulu asal muasal benih tersebut, yaitu talas yang kita ambil umbinya merupakan talas unggulan dan terbaik. Ciri-ciri tanaman talas indukan yang bagus dan unggul yaitu akan terlihat dari daun, batang, dan juga umbi nya.

2. Pastikan umbi talas sehat

Umbi talas yang akan kita semai sebaiknya benar-benar sehat, artinya benih tersebut tidak cacat, busuk, dan tercemar zat kimia lainnya. Karena jika benih talas yang akan kita tanam sudah tidak bagus, maka jangankan tumbuh, kalaupun tumbuh hasilnya tidak akan bagus.

3. Pilih umbi talas yang berukuran besar

Selanjutnya anda harus pilih umbi talas yang memiliki ukuran lebih besar dan bobotnya paling berat. Karena umbi yang besar biasanya adalah benih yang terbaik.

Itulah beberap Cara Memilih Benih Talas Yang Baik dan Benar versi dasar pertanian, mudah-mudahan sedikit informasi ini dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Memilih Benih Talas Yang Baik dan Benar"

Post a Comment