Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga

Dasar Pertanian - Buah naga merupakan salah satu dari sekian banyak jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. Karena buah adalah sumber nutrisi yang memiliki kandungan vitamin yang berguna bagi tubuh. Kalau kita berbicara tentang buah naga, mungkin sebagian besar masyarakat masih awam jika di tanya tentang cara budidaya buah naga. Walaupun sebenarnya menanam buah naga adalah hal yang mudah. Yang terpenting dalam budidaya buah naga adalah bagaimana cara kita merawatnya dengan penuh kasih sayang. Meskipun buah naga ini adalah kategori tanaman yang tahan terhadap serangan hama penyakit, namun kita harus tetap mewaspadai dan sebisa mungkin mencegah agar tidak ada hama dan penyakit yang menyerang tanaman tersebut.

Ada beberapa jenis penyakit yang paling berbahaya pada tanaman buah naga, dan berikut ini adalah tips mengatasi hama dan penyakit pada tanaman buah naga yang bisa anda coba.

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga


Hama

Hama yang paling sering menyerang tanaman buah naga ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bekicot
Bekicot adalah salah satu hama yang mengganggu tanaman buah naga walaupun tidak begitu mematikan, tapi perlu juga diwaspadai. Cara mengatasi bekicot pada buah naga adalah dengan membuang semua hama tersebut dan membasminya, serta selalu menjaga kebersihan lahan.

2. Kutu putih
Hama ini juga sangat berbahaya bagi tanaman, kutu putih ini atau biasanya disebut kebul akan membuat sekitar batang tanaman buah naga menjadi putih dan kotor serta berakibat vatal jika tidak di basmi. Cara membasminya adalah dengan menyemprot insektisida.

Penyakit

1. Penyakit Fusarium
Penyakit fusarium ini di sebabkan oleh Jamur Fusarium oxysporium Schl, yang mana jamur ini akan menyebabkan batang tanaman menjadi layu dan busuk jika di biarkan begitu saja. Cara menangani penyakit fusarium pada tanaman buah naga adalah dengan menyemprotkan cairan Derosal 60 WP dengan takaran/dosis 2g/liter air. Lakukan penyemprotan 1-2 kali dalam 1 minggu pada bagian batang dan cabang yang terserang penyakit fusarium tersebut.

2. Penyakit Busuk Pangkal Batang
Penyakit ini dapat mengakibatkan pembusukan pada pangkal batang buah naga, di tandai dengan warna kecokelatan dan terdapat bulu bulu putih disekitarnya. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga kelembaban udara disekitar tanaman.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga"

Post a Comment