Cara Mudah Tanam Gambas Dengan Pupuk Kandang

Dasar pertanian : Budidaya dengan menggunakan pupuk kandang memang sangat bagus dan ramah lingkungan. Karena pada dasarnya pupuk kandang atau bisa juga disebut sebagai pupuk kompos ini sangat baik untuk tanah, tidak akan membuat tekstur tanah menjadi keras, sehingga sangat baik untuk tanaman. Berbeda dengan pupuk kimia yang justru malah membuat tanah menjadi keras, bakteri yang baik pada tanah juga akan mati. Makanya jika kita akan melakukan budidaya tanaman, lebih baik kita gunakan pupuk kandang, atau pupuk organik. Jadi tanaman apapun jika dipupuk dengan pupuk kandang akan meningkatkan hasil panen. Begitu juga dengan menanam gambas ini, tanaman gambas akan lebih subur jika ditanam menggunakan pupuk kandang. Gambas adalah tanaman sayuran yang dapat tumbuh pada tanah yang subur. Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan memberikan tips dan cara paing mudah menanam gambas menggunakan pupuk kandang.

Cara Mudah Tanam Gambas Dengan Pupuk Kandang
Bibit gambas mulai tumbuh setelah satu minggu ( gambar pribadi: wahyu h.w )

Sebelum kita memulai pada tahap penanaman, maka hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah lahan atau tempat menanam gambas. Adapun lahan yang bagus untuk menanam gambas adalah lahan yang subur. Untuk lebih jelasnya silahkan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

Cara Mudah Tanam Gambas Dengan Pupuk Kandang

1. Siapkan lahan

Proses penanaman gambas dimulai dengan pemilihan tanah atau lahan. Lahan yang baik untuk digunakan menanam gambas atau tanaman apapun adalah lahan yang subur. Jika anda tidak memiliki lahan yang subur, bisa anda terapkan cara-cara menyuburkan lahan yang tandus.

2. Memilih bibit

Setelah lahan anda dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah pemilihan bibit gambas. Bibit gambas banyak dijual ditoko pertanian. Silahkan anda pilih sesuai keinginan anda.

3. Penggemburan tanah

Dalam menanam sayuran apapun, penggemburan tanah memang hal yang penting dan berpengaruh pada kualitas tanaman. Termasuk juga menanam gambas ini, maka siapkan alat untuk menggemburkan tanahnya. Bisa anda gunakan cangkul atau garpu. Kemudian anda gemburkan tanahnya dan buatlah bedengan .

4. Pemberian pupuk dasar

Setelah anda siap menggemburkan dan membuat bedengan, maka berilah pupuk dasar menggunakan pupuk kandang. Ratakan pupuk kandang pada area penanaman atau pada bedengan tanah yang sudah anda buat.

5. Tahap penanaman

setelah siap anda beri pupuk dasar, maka saatnya menanam bibit gambas. Cara menanamnya cukup mudah, buat lubang pada bedengan kira-kira berjarak 30 cm antara lubang satu kelubang yang lain. dalam satu bedengan bisa anda buat lubang 2 memanjang. Silahkan anda tanamkan bibit gambas dalam satu lubang anda taruh 2-3 biji gambas. Kemudian tutup kembali dengan tanah tipis saja.

6. Tahap perawatan

Setelah bibit siap ditanam, maka yang harus anda lakukan adalah merawat tanaman gambas dengan baik. Anda lakukan penyiraman secara rutin dipagi dan sore hari. Maka dalam jarak 5 hari bibit akan mulai tumbuh. lakukan terus perawatan hingga tanaman gambas besar dan berbuah.

Demikian Cara Mudah Tanam Gambas Dengan Pupuk Kandang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Tanam Gambas Dengan Pupuk Kandang"

Post a Comment