Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil

Dasar-pertanian : Halo sahabat Tani apa kabar semuanya, mudah-mudahan anda semua tetap diberikan kesehatan sehingga tetap dapat melakukan aktivitas pertanian dengan baik. Oke sahabat tani pada postingan kali ini dasar-pertanian akan berbagi Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil.
Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil
Tanaman kangkung cabut ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Kangkung merupakan tanaman sayur yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat khususnya petani sayur. Karena pada dasarnya budidaya kangkung ini sangatlah mudah dan simpel. Kangkung ada beberapa jenis dan macamnya, salah satunya adalah kangkung cabut. Kalau dulu waktu saya kecil, kangkung cabut belum begitu populer karena memang tidak ada yang membudidayakannya didaerah tempat saya tinggal. yang ada hanyalah kangkung yang biasa tumbuh di rawa-rawa yang menjalar. Namun sekarang sudah zamannya kangkung cabut yang benihnya banyak dijual ditoko pertanian.

Untuk budidaya kangkung cabut ini, anda bisa ikuti tips dari saya ini agar anda bisa membudidayakan kangkung cabut dengan sukses. Adapun Tips Budidaya Kangkung Cabut adalah sebagai berikut.

Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Mendapatkan Hasil Maksimal


1. Pemilihan bibit kangkung
Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil yang pertama adalah dengan memilih bibit kangkung cabut terbaik, bisa anda beli ditoko pertanian terdekat. Untuk cara pemilihan bibit kangkung cabut ini ada dua cara, yakni dengan cara menggunakan biji atau disebut dengan generatif, dan yang kedua dengan cara stek. Lebih baik anda menggunakan cara tabur biji atau benih kangkung cabut saja.

2. Pemilihan dan persiapan lahan
Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil yang kedua adalah pemilihan lahan serta mempersiapkan lahan untuk budidaya kangkung cabut. Sebaiknya anda pilih lahan yang memiliki tekstur tanah yang gembur dan subur. Setelah itu anda cangkul atau buat bedengan agar tanah menjadi gembur dan mudah untuk ditanami bibit kangkung.

3. Pemberian pupuk
Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil yang ketiga adalah dengan memberikan pupuk sebagai nutrisi pada tanah sehingga kangkung menjadi subur. Sebelum menanam bibit kangkung, sebaiknya anda berikan pupuk dasar pada tanah bedengan yang sudah anda buat. Gunakan pupuk kandang agar lebih baik dan tanah menjadi subur. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3-5 hari agar pupuk dapat teremulsi sempurna dalam tanah.

4. Proses dan tahap menanam kangkung
Untuk waktu menanam kangkung ini sebaiknya anda lakukan pada musim penghujan, jika anda lakukan pada musim kemarau sebaiknya anda rutin untuk menyiramnya agar kangkung tetap tumbuh dengan subur. Cara menanamnya yaitu dengan membuat lubang sedalam 5 cm bergaris memanjang dan berurutan agar kangkung tumbuh teratur dan sempurna. Satu bedengan atau gundukan tanah dengan lebar kurang lebih 1 Meter bisa dibuat 5-6 baris memanjang. Satu lubang isi dengan 3-5 bibit kangkung dan setelah itu timbun kembali dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk NPK atau pupuk kandang, namun jangan terlalu tebal menimbunnya agar bibit cepat tumbuh. Kemudian beri tutup alang-alang diatasnya agr terhindar dari hewan ternak seperti ayam, atau burung jika lokasinya diladang.

5. Tahap penyulaman
Setelah selesai menanam bibit kangkung, tahap selanjutnya adalah melakukan penyulaman jika kangkung sudah mulai tumbuh. Jika ada bibit yang tidak tumbuh segera anda sulam agar nantinya kangkung dapat tumbuh seragam.

6. Tahap perawatan
Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil yang selanjutnya adalah melakukan perawatan intensif, yaitu dengan cara membersihkan hama dan gulma, menyiram secara rutin, memberikan pupuk tambahan agar kangkung semakin subur.

7. Tahap panen kangkung
Biasanya kangkung akan dipanen atau sudah bisa dipanen setelah berusia 30 hari sejak bibit ditanam. Cara memanen cukup mudah dengan mencabut kangkung sampai akarnya dan segera anda ikat kalau ingin dijual.

Demikianlah sedikit Tips Budidaya Kangkung Cabut yang dapat saya sampaikan kepada anda semua, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Tips Mudah Budidaya Kangkung Cabut Agar Berhasil"

Post a Comment