Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh

Dasar-pertanian : Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh bisa anda ikuti dan terapkan jika anda ingin membudidayakan tanaman cabai, baik cabai rawit maupun cabai merah. Sebelum kita menanam cabai tentu harus kita persiapkan terlebih dahulu benih atau bibitnya. Benih atau bibit cabai ini bisa anda beli ditoko pertanian. Lalu setelah itu anda semaikan pada lahan khusus tempat penyemaian. Namun jika anda malas melakukan penyemaian, ada juga orang yang menjual bibit cabai yang sudah tumbuh siap tanam. Tapi alangkah lebih baik jika kita dapat melakukan budidaya cabai ini dari awal persiapan benih, pembibitan atau penyemaian hingga penanaman kita lakukan sendiri.
Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh
Benih cabai yang sedang disemaikan ( Foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Untuk mendapatkan benih atau biji cabai yang akan kita semaikan, bisa anda lakukan beberapa cara, yaitu beli ditoko pertanian langsung, atau anda pilih sendiri dari cabainya langsung dengan cara memilih cabai yang benar-benar berkualitas. Silahkan anda tentukan sendiri mau beli ditoko pertanian atau pemilihan sendiri dari cabai pilihan.

Jika anda berhasil dalam memilih dan melakukan penyemaian serta perawatan cabai maka anda akan mendapatkan hasil cabai yang baik dan berkualitas. Berikut ini merupakan tips sederhana menyemai biji cabai agar cepat tumbuh, silahkan anda coba dan praktekkan sendiri.

1. Menyiapkan dan memilih biji cabai

Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang pertama adalah anda pilih biji cabainya dulu, bisa anda beli ditoko pertanian, bisa juga anda ambil langsung dari cabainya. Jika anda ambil langsung dari cabainya, ada tipsnya, yaitu anda pilih cabai yang besar, kemudian potong menjadi tiga bagian dan ambil bagian tengahnya saja, kemudian jemur sebentar sampai hilang kadar airnya.

2. Menentukan biji cabai yang baik

Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang kedua adalah anda lakukan penentuan mana biji cabai yang terbaik dan mana yang tidak baik untuk disemaikan. Caranya adalah:
  • Siapkan wadah, kemudian isi dengan air hangat ( jangan terlalu panas ), ukuran airnya 2/3 bagian saja.
  • Ambil satu siung bawang merah dan haluskan.
  • Campurkan kedalam air hangat tadi.
  • Masukkan biji cabai kedalam air tadi ( tunggu hingga semalam )
  • Biji cabai yang tenggelam itu merupakan biji cabai yang terbaik, silahkan anda semaikan

3. Tahap penyemaian

Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang ketiga adalah melakukan penyemaian biji cabai. Untuk melakukan penyemaian biji cabai, silahkan anda buat bedengan seperlunya saja, atau menggunakan pot juga bisa. Berikan pupuk dasar terlebih dahulu pada tanah atau lahan untuk menyemaikan biji cabai. Taburkan secara merata pada permukaan tanah kemudian timbun tipis saja jangan teralalu tebal agar benih cabai cepat tumbuh. Kemudian tutup dengan alang-alang agar tidak langsung terpapar dengan sinar matahari dan hujan. Siram secara rutin dipagi dan sore hari. Biasanya benih cabai akan tumbuh dalam waktu 5-7 hari.

Itulah Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh yang dapat saya bagikan kepada anda, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Tips Sederhana Menyemai Biji Cabai Agar Cepat Tumbuh"

Post a Comment