Cara Tepat Memilih Benih Kedelai Berkualitas

Dasar Pertanian - Dalam pembudidayaan kedelai, hal paling mendasar yang perlu di perhatikan adalah pemilihan benih kedelai dengan benar. Kenapa pemilihan benih atau bibit kedelai ini sangat mempengaruhi kualitas tanaman kedelai? Bibit yang unggul dan berkualitas merupakan bibit yang dipilih dan di sortir, jadi daya tumbuh bibit berkisar 80-100 %. Jika pemilihan benih kedelai tidak tepat atau asal tanam saja tanpa menyortir dan memilih mana bibit terbaik, maka jangan berharap kita dapatkan hasil panen kedelai yang melimpah. Jangankan untuk dapat panen melimpah, bahkan untuk dapat tumbuh saja itu merupakan hal yang sulit. Tapi jika dalampemilihan benih sangat diperhatikan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, maka harapan kita untuk dapat panen melimpah akan terwujud.

Pada umumnya, benih kedelai yang digunakan oleh petani adalah berasal dari penyortiran sendiri dari hasil panen sebelumnya. Namun ada juga petani yang memilih benih kedelai dengan cara membeli pada penyedia benih. Lalu bagaimana sebenarnya cara tepat memilih benih kedelai yang baik dan benar? Berikut ini dasar pertaian akan bagikan sedikit tips memilih benih kedelai yang baik dan benar.

Cara Tepat Memilih Benih Kedelai Berkualitas

Cara Tepat Memilih Benih Kedelai Berkualitas


1. Perhatikan kualitas mutu

Dalam memilih benih kedelai, hal yang penting diperhatikan adalah mutu dan kualitas benih. bagaimana ciri-ciri benih bermutu dan berkualitas?
  • Benih kedelai murni dan diketahui varietasnya
  • Daya tumbuh tinggi ( kalau bisa 85% keatas )
  • Biji kedelai sehat, sehatdalam arti memiliki ciri-ciri seperti; berwarna mengkilap, tidak keriput, bernas, dan tidak terkontaminasi dengan bakteri.
  • Biji kedelai bersih dan tidak bercampur dengan benda lain.

2. Perhatikan ciri-cirinya

Selain itu anda juga harus tahu bagaimana ciri-ciri bibit kedelai berkualitas, adapun ciri-ciri bibit kedelai berkualitas antara lain dapat dilihat dari bentuk fisiknya:
  • Bentuknya bulat : bibit kedelai yang bagus adalah yang bentuknya bulat, sedangkan bibit yang pipih tidak bagus digunakan untuk benih karena daya tumbuh kurang baik.
  • Kering : bibit kedelai yang bagus adalah kering, jadi jika anda memilih benih kedelai dari hasil panen, maka jemurlah hingga kering.
  • Berwarna kuning kecoklatan dan merata : kalau dilihat dari warnanya adalah kuning kecoklatan dan warnanya merata dan mengkilap.
  • Bibit sudah tua : selain itu bibit yang bagus adalah bibit yang sudah tua, jika bibit masih muda maka daya tumbuh kurang dan hasilnya kurang bagus.
  • Tidak kopong ( harus padat ) : ciri-ciri benih kedelai yang berkualitas selanjutnya adalah harus padat dan tidak kopong, hal ini dapat dirasakan dari beratnya.
Itulah beberapa Cara yang Tepat Dalam Memilih Benih Kedelai Berkualitas, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Tepat Memilih Benih Kedelai Berkualitas"

Post a Comment