Tehnik Pengolahan Tanah/Lahan Untuk Menanam Kedelai Yang Benar

Dasar Pertanian - Kedelai merupakan tanaman yang sangat banyak di budidayakan oleh masyarakat pada saat sekarang ini. Hal ini mungkin dikarenakan kebutuhan kedelai semakin meningkat dan ditambah lagi produksi kedelai dalam negeri tidak mencukupi kebutuhan tersebut. Sebenarnya ini merupakan peluang yang besar bagi anda yang ingin meraih keuntungan dalam pertanian terutama tanaman kedelai. Selain itu cara menanam kedelai pun sangat mudah, tidak membutuhkan skil khusus yang penting kita tahu dasar sebelum menanam kedelai. Yang harus diperhatikan juga sebelum menanam kedelai adalah kita tahu bagaimana tehnik pengolahan lahan untuk menanam kedelai yang baik dan benar.

Apa itu tehnik pengolahan lahan dan manfaat pengolahan lahan yang baik dan benar ini apa? nah perlu anda pahami bahwa lahan merupakan tanah yang akan kita gunakan untuk menanam. Jika pengolahan lahan ini benar, maka tanaman yang akan kita tanam nantinya akan tumbuh dengan subur. Tapi jika tanah yang kita gunakan tidak diolah dengan baik dan benar, bisa jadi tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Apalagi jika tanah yang mau ditanami kedelai adalah jenis tanah yang tandus dan gersang, maka sangat penting mengolahnya dengan cara yang tepat. Lalu apakah jenis tanah tanduns dan gersang dapat kembali subur?
Silahkan baca : 4 Tips Ampuh Menyuburkan Tanah Tandus dan Gersang Untuk Pertanian

Adapun tehnik pengolahan lahan atau tanah untuk menanam kedelai yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

Tehnik Pengolahan Tanah/Lahan Untuk Menanam Kedelai Yang Benar


1. Menggemburkan tanah

Sebelum kita menanam kedelai, maka lahan yang akan kita tanami kedelai harus kita gemburkan dahulu. Tehnik penggemburan tanah ini bisa dengan cara manual maupun dengan mesin. Cara manual adalah dengan menggunakan cangkul atau alat lainnya, sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan mesin teknologi. Tujuan penggemburan tanah adalah supaya tanah yang tadinya keras dan padat, bisa menjadi lunak, gembur dan subur kembali.

2. Membuat bedengan

Cara mengolah lahan untuk menanam kedelai yang selanjutnya adalah kita buat bedengan atau gundukan tanah memanjang. Cara membuat bedengan juga bisa dengan manual maupun mesin. Namun kebanyakan petani membuat bedengan dengan menggunakan cangkul dan garpu.

3. Menaburkan pupuk dasar

Sebelum kita menanam benih kedelai, maka pada lahan harus ditaburkan pupuk dasar terlebih dahulu, terlebih jika tanahnya merupakan jenis tanah tandus dan gersang, atau bisa juga anda tambah kapu dolomit.

Itulah beberapa Tehnik Pengolahan Tanah/Lahan Untuk Menanam Kedelai Yang Benar, semoga artikel singkat ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Tehnik Pengolahan Tanah/Lahan Untuk Menanam Kedelai Yang Benar"

Post a Comment