Inilah Jenis Lahan Yang Cocok Untuk Budidaya Kedelai

Dasar Pertanian - Kedelai merupakan salah satu komoditas pangan yang perlu dikembangkan dan diproduksi. Mengingat kebutuhan masyarakat akan kedelai, membuat permintaan juga semkain banyak, sehingga dengan banyaknya permintaan kedelai di negara kita, membuat stok kedelai juga tidak mencukupi. Makanya pemerintah selalu mengimpor kedelai dengan jumlah yang banyak guna mencukupi kebutuhan masyrakat. Sebenarnya masalah kurangnya pasokan kedelai ini dapat kita atasi sendiri tanpa harus impor kedelai dari luar negeri, apalagi negara kita ini terkenal dengan wilayah yang mayoritas tanahnya subur dan memiliki banyak lahan kosong tidak digarap. Banyak lahan pertanian yang cocok ditanami kedelai dan apabila kita mau menanam kedelai sendiri maka pemerintah tidak perlu melakukan impor kedelai.

Bagi anda yang ingin memiliki usaha sampingan, maka sebenarnya dengan menanam kedelai bisa membuat kita kaya. Kenapa admin bilang kegitu? Seperti yang sudah admin katakan diawal tadi bahwa banyaknya permintaan kedelai sementara produksi sedikit. hal inilah yang perlu kita manfaat. lantas bagaimana cara budidaya kedelai yang baik dan benar. Salah satu tehnik dalam budidaya kedelai adalah pemilihan lahan yang tepat dan cocok untuk ditanami kedelai. Karena ada jenis lahan yang cocok dan tidak cocok untuk ditanami kedelai. Nah pada kesempatan kali ini admin akan coba bahas jenis lahan yang cocok dan bagus untuk budidaya kedelai. Berikut penjelasan singkatnya.

Jenis Lahan Yang Cocok Untuk Budidaya Kedelai

 

  • Lahan degan kondisi tanah yang subur dan gembur, serta lahan tersebut tidak dapat menggenang air, dalam arti kata memiliki drainase yang baik.
  • Lahan memiliki bahan organik dengan jumlah yang banyak atau setidaknya cukup.
  • pH lahan harus netral sampai agak asam (5,5 – 7)
  • Lahan tidak miring, dan kemiringan lahan sebaikya tidak melebihi 8%.
  • Lahan harus memiliki ketinggian mulai 0 – 700 meter diatas permukaan laut.
  • Lahan atau tanah harus tergolong jenis tanah liat berlempung, baik lempung berpasir atau tanah lempung lainnya.
  • Lahan memiliki sumber air yang cukup.
  • Lahan juga harus terkena sinar matahari secara penuh (tidak terhalang atau terlindungi pohon maupun bangunan tinggi lainnya).
Itulah beberapa Jenis Lahan Yang Cocok Untuk Budidaya Kedelai, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Inilah Jenis Lahan Yang Cocok Untuk Budidaya Kedelai"