Cara Budidaya Buah Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal

Dasar Pertanian - Cara Budidaya Buah Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal bisa anda lakukan dengan mengikuti petunjuk yang saya berikan di bawah ini. Pisang merupakan tanaman buah yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Kandungan vitamin dalam buah pisang sangat baik bagi tubuh. Buah pisang biasa kita dijadikan sebagai buah untuk kita konsumsi. Rasanya yang manis dan lembut membuat siapa saja yang memakannya akan merasa nikmat.

Buah pisang ini mudah kita jumpai dipasar-pasar dan toko buah. Harga yang relatif murah membuat orang sanggup untuk membelinya. Namun dari pada kita beli lebih baik kita menanamnya sendiri bukan? Menanam pisang tidaklah sulit, namun perlu diperhatikan juga cara dan perawatannya. Sebenarnya dalam hal perawatan, tidak perlu perawatan yang khusus layaknya tanaman cabai. Cukup dengan anda memberi pupuk maka tanaman pisang bisa tumbuh dengan baik. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak tutorialnya dibawah ini.
Cara Budidaya Buah Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal
Gambar pribadi oleh : Wahyu HendroWibowo

Cara Budidaya Buah Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal
Gambar pribadi oleh : Wahyu HendroWibowo

Cara Budidaya Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal


Untuk mendapatkan hasil buah pisang yang baik dan berkualitas, perlu anda perhatikan hal-hal berikut :
  • Bibit harus unggul
  • Lahan harus subur
  • Pupuk
  • Perawatan maksimal
Selain hal diatas, anda juga harus melakukan hal-hal berikut ini agar tanaman buah pisang yang anda tanam menghasilkan buah pisang yang baik dan berkualitas. Adapun hal tersebut adalah :

1. Pemilihan bibit

Dalam pemillihan bibit pisang sebenarnya tidak menjadi masalah penting dalam proses menuju hasil maksimal. Yang penting adalah anda harus tahu dulu bibit pisang apa yang akan anda tanam. Karena bibit pisang apapun jika anda tanam denga cara yang benarakan membuahkan hasil yang baik juga. Jadi poin pertama adalah pilih bibit yang bagus dan terbaik, untuk jenis pisangnya terserah anda.

2. Lahan harus subur

langkah selanjutnya setelah anda memilih bibit pisang, silahkan anda cari lokasi atau lahan untuk menanmnya. carilah lahan yang memiliki tingkat kesuburan tanah baik. Jangan anda tanam pisang pada lahan yang tandus dan kering karena tidak akan mendapatkan hasil yang baik. Pilih lahan yang benar-benar subur, karena tujuan disini adalah Cara Budidaya Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal. Maka dari itu lahannya pun juga harus benar-benar subur dan maksimal.

3. Pupuk

Setelah anda tanam pada lahan yang subur, maka pemberian pupuk adalah hal wajib yang tidak boleh ketinggalan. Pupuk yang baik adalah pupuk organik, atau lebih bagus pupuk kandang. Sebelum bibit ditanam juga lebih baiknya diberi pupuk dasar terlebih dahulu.

4. Perawatan

Setelah semua langkat anda lakukan, makalangkah terakhir adalah melakukan perawatan secara maksimal. Namun sebagaimana saya katakan diatas tadi bahwa menanam pisang tidaklah memerlukan perawatan maksimal dan khusus layaknya tanaman cabai. Namun demikian, jangan anda sepelekan hal ini yakni perawatan. Cara merawat tanaman pisang cukup mudah kok, tinggal anda siram tiap hari jika musim kemarau, beri pupuk, bersihkan rumput liar yang menggangu pertumbuhan pisang, pagari lokasi atau lahan tersebut jika lokasi tersebut banyak hewan ternak.

Setelah semua cara diatas anda lakukan dengan baik, maka dijamin anda akan berhasil budidaya pisang dan akan mendapatkan hasil maksimal. Demikianlah sedikit informasi tentang Cara Budidaya Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal yang dapat saya bagikan kepada anda. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Cara Budidaya Buah Pisang Agar Memperoleh Hasil Maksimal"

Post a Comment