Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif

Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif merupakan suatu masalah yang harus dicari jalan keluarnya, karena masalah ini yang sering dihadapi oleh para petani jeruk sunkist. Ada banyak faktor yang menyebabkan tanaman jeruk sunkist tidak produktif dan cendrung memiliki pohon yang kerdil dan bahkan rontok daunnya. Jika sudah demikian harapan untuk berbuah lebat sangatlah tidak mungkin, kecuali anda melakukan tips agar tanaman jeruk sunkist kembali produktif. Namun hal itu sangatlah sulit jika tanaman sudah terlanjur kerdil dan banyak penyakitnya.
Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif
Tanaman jeruk sunkist tidak produktif ( foto: wahyu hendro wibowo )

Adapun Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif ini bermacam-macam. Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif. Jika anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif, anda sudah tahu bagaimana menanggulanginya serta bagaimana cara pencegahannya.

Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif


1. Faktor kesuburan tanah

Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif yang pertama adalah faktor atau tingkat kesuburan tanah. Ini merupakan masalah umum yang menjadikan tanaman jeruk sunkist yang anda tanam tidak dapat tumbuh maksimal dan tidak bisa produktif dan menghasilkan buah. Maka dari itu sebelum anda menanam jeruk sunkist ini perhatikan tingkat kesuburan tanah, dukung juga tanah dengan pupuk organik agar lebih subur.

2. Faktor bibit

Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif yang kedua adalah faktor bibit yang anda pilih. Bibit yang bagus adalah bibit yang berasal dari pohon yang baik pula. Jika anda menginginkan bibit hasil cangkokan sendiri, maka pilihlah pohon jeruk sunkist yang sehat dan berbuah lebat. Dengan demikian akan mempengaruhi hasil produksi buah dan kualitas tanaman menjadi baik.

3. Faktor hama dan penyakit

Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif yang ketiga adalah dikarenakan adanya hama dan penyakit. Sudah sangat jelas jika tanaman, baik tamana jeruk  maupun tanaman buah lain jika sudah diserang hama penyakit maka akan menggangu pertumbuhan dan produktifitas buah. Jadi menanggulangi hama penyakit pada tanaman jeruk sunkist ini perlu anda lakukan agar tanaman dan buah menjadi baik. Silahkan baca juga artikel saya tentang Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist.

4. Faktor iklim dan cuaca

Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif yang keempat adalah faktor iklam atau cuaca. Jika cauca kemarau panjang atau iklim tidak bersahabat dan tidak menentu, maka ini menjadi faktor Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif.

5. Faktor perawatan

Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif yang kelima adalah faktor perawatan. Kalau ini point yang kelima ini anda sendirilah yang menentukan. Jika anda rajin dan tekun merawat tanaman jeruk sunkist anda, maka tanaman jeruk sunkist akan produktif dan akan menghasilkan buah yang lebat. Lakukan perawatan terbaik, seperti pemberian pupuk, penyemprotan hama penyakit, dan sebagainya.

Itulah beberapa Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif yang dapat saya bagikan kepada anda. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Tanaman Jeruk Sunkist Tidak Produktif"

Post a Comment