Inilah Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah

Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah banyak dan beragam macamnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa sawit merupakan tanaman penghasil minyak yang banyak berkembang akhir-akhir ini. Faktanya banyak sekarang pembukaan hutan yang dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit. Disamping itu harga jual yang terbilang cukup tinggi dibanding harga getah karet, membuat para petani beralih pada perkebunan kelapa sawit. Namun yang menjadi persoalan bagi para petani adalah hasil buah sawit yang diharapkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, bahkan dari banyak kasus mengatakan bahwa tanaman sawit mereka tidak mau berbuah, dan ini tentu sangat merugikan bagi para petani kelapa sawit.

Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah memang bermacam-macam seperti yang saya katakan diatas tadi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan bagikan informasi tentang Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah.
Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah
Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah

Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah


Penyebab utama sawit tidak mau berbuah terjadi karena dua faktor, yakni faktor eksternal dan faktor internal. Faktor Eksternal merupakan faktor yang tidak berhubungan dengan pohon dan buah, yakni berasal dari luar tanaman, Sedangkan Faktor Internal merupakan penyebab sawit tidak mau berbuah yang berasal dari dalam tanaman.

A. Faktor Eksternal


Kondisi lingkungan sangat menentukan dan mengatur siklus hidup tanaman, seperti tanaman sawit ini. Kondisi ini sangat mempengaruhi bunga dan buah. Faktor-faktor seperti gizi, pemangkasan, pasokan air, batang bawah yang digunakan, suhu, hama dan penyakit serangga mempengaruhi buah yang akan dihasilkan oleh tanaman tersebut.

Faktor Iklim

a. Suhu
Suhu udara merupakan salah satu faktor yang paling penting, yang mengatur pertumbuhan bunga dan buah sawit. Variasi antara siang dan malam suhu atau fluktuasi yang ekstrim, atau suhu terus panas merugikan dan sangat mempengaruhi penyerbukan. Misalnya, cuaca berawan pada tahap bunga mulai mekar mempengaruhi penyerbukan buah. Jadi faktor suhu ini sangat mempengaruhi proses pertumbuhan buah sawit.

b. Curah hujan
Curah hujan sangat penting untuk mempertahankan tingkat bawah air tanah. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kualitas buah-buahan khususnya sawit. Jika tanaman sawit tumbuh pada curah hujan yang cukup, maka ia akan berbuah dengan baik, dan begitu pula sebaliknya. 

c. Kelembaban tanah
Kelembaban tanah merupakan salah satu faktor kunci untuk produksi buah-buahan. Kelembaban tanah yang berlebihan serta kondisi kelembaban tanah yang rendah pada saat berbunga mendorong terbentuknya lapisan absisi. Usahakan menanam sawit pada lahan yang tidak terlalu lembab dan sering terkena banjir karena dapat mempengaruhi pertumbuhan buah.

d. Nutrisi
Ketika gizi seimbang tidak diberikan pertumbuhan dan perkembangan tanaman tidak dapat sempurna. Ketidakseimbangan dalam nutrisi tentu menyebabkan unfruitfulness atau bunga drop. Faktor nutrisi sangat penting dalam menghasilkan buah sawit yang baik. Maka pemberian pupuk harus dilakukan dengan baik.

B. Faktor Internal

Faktor internal yang menyebabkan sawit tidak berbuah adalah seperti ; kualitas bibit yang tidak baik, tehnik penanaman yang salah, perawatan kurang intensif, dan sebagainya. Jika para petani sawit berusaha menaman dan merawat tanaman sawit dengan baik, maka sawit akan berbuah dengan baik.
Silahkan baca juga :  Tips Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses

Itulah beberapa Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah yang dapat saya bagikan kepada anda, mudah-mudahan bermanfaat.

4 Responses to "Inilah Penyebab Utama Sawit Tidak Berbuah"

  1. Ini ada sawit kami sekitar 300 pohon berumur 5 thn yg tdk muncul buah sawitnya, hanya muncu bunganya saja, mohon masukan nya mas wahyu, trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sblumnya sudah berkunjung di dasar pertanian. kalau sawit normal yg berumur sudah 5 tahun sudah pasti berbuah. namun jika masih belum juga berbuah hanya bunga saja bisa jadi penyebabnya adalah sawit tersebut adalah sawit jantan, yg kedua mungkin karena faktor bibit yg kurang bagus. silahkan dibaca lagi artikel diatas supaya lebih tahu apa penyebabnya.

      Delete
  2. Ini ada sawit kami sekitar 300 pohon berumur 5 thn yg tdk muncul buah sawitnya, hanya muncu bunganya saja, mohon masukan nya mas wahyu, trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bakar aja ms pohon nya.. .
      Biasanya dengan memberi shok trapi terhadap pohon sawit dia akan berbuah.
      Ini entah mitos atau fakta tapi gx ada salahnya di coba,minimal 20 pohon aja.
      Yg dibakar sampah2 kering yg ada di pohon sawit itu sendiri.

      Delete