Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian : Budidaya kacang panjang merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi saya karena proses penanaman kacang panjang bisa dikatakan cukup mudah, sehingga hasil panen yang diharapkan dari tanaman kacang panjang akan terpenuhi. Namun tak banyak juga para petani atau pekebun yang mengeluhkan hasil panen budidaya kacang panjang yang kurang maksimal. Mereka banyak mengeluh karena tanaman kacang panjang tidak menghasilkan kacang panjnag yang terbaik. Rata-rata pertumbuhan tanaman kacang panjang mengalami banyak kendala, seperti kacang banyak yang busuk, kacang tidak dapat besar, dan sebagainya.

Tehnik budidaya kacang panjang sebenarnya sudah banyak dishare di google, anda tinggal cari mana yang sesuai dan terbaik menurut anda. Sebagaimana kita tahu bahwa kacang panjang ini merupakan tanaman rambat yang membutuhkan rambatan untuk berkembang dan membesar. Jika tidak diberi rambatan maka hasil panen kacang panjang tidak maksimal. Cara membuat rambatan atau alat perambat kacang panjang ini tidak sulit. Anda tinggal cari kayu atau bambu yang kira-kira dapat digunakan untuk merambat tanaman kacang panjang ini. Dibawah ini nanti anda juga akan lihat gambar atau foto hasil budidaya kacang panjang yang kami praktekkan dan anda bisa contoh bagaimana cara memasang dan membuat rambatannya.

Dalam menanam kacang panjang, untuk mendapatkan hasil yang terbaik adalah dengan melakukan perawatan intensif terhadap tanaman kacang panjang tersebut. Selain melakukan perawatan intensif, pengalaman dan praktek juga dibutuhkan agar mendapatkan hasil panen kacang panjang yang berkualitas unggul. Anda juga harus mencari referensi atau bertanya langsung kepada petani kacang panjnag yang sudah sukses dalam membudidayakan kacang panjang. Tapi and atidak perlu repot-repot bertanya kepada para petani lain, karena selain segan mungkin mereka juga tidak mau memberikan semua tehniknya kepada anda. Maka dari itu anda beruntung masuk ke blog Dasar Pertanian ini, karena diblog ini admin berusaha memberikan informasi seputar dunia pertanian, terutama pada postingan ini anda akan dapatkan informasi berharga tentang bagaimana cara menanam kacang panjang yang baik dan benar supaya mendapatkan hasil panen maksimal.

Dibawah ini merupakan dokumentasi hasil budidaya kacang panjang yang kami lakukan sendiri:

Gambar 1

Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar

Gambar 2 
Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar
Tanaman Kacang Panjang Mulai Merambat

Gambar3
Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar

Gambar 4
Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar
Kacang Panjang Siap Dipanen
 
Adapun Langkah-langkah Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar adalah sebagai berikut.

1. Tahap Pemilihan Benih
Dalam pemilihan benih atau bibit kacang panjang, anda bisa melakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan membeli langsung benih kacang panjang ditoko pertanian. Jika anda memilih membeli benih langsung ditoko pertanian, maka yang perlu diperhatikan adalah :
  • Pilih benih yang terbaik atau super
  • Perhatikan tanggal produksi atau kadaluarsa
Biasanya benih yang sudah dikemas dan dijual ditoko pertanian rata-rata adalah bibit terbaik dan pilihan, jadi anda tidak perlu kuatir akan kualitas benih tersebut jika anda melakukan dua cara diatas. Terutama masalah tanggal kadaluarsa, jika anda pilih benih yang sudah melewati tanggal produksi biasanya benih tidak akan tumbuh sempurna.

2. Tahap Pemilihan Lahan
Dalam memilih lahan untuk budidaya kacnag panjang, sebenarnya cukup mudah. Karena tanaman sayur ini mudah tumbuh dan dibudidayakan diberbagai type atau jenis tanah. Meskipun demikian anda tidak bisa menganggap remeh dalam memilih lahan untuk menanam kacang panjang ini. Jika ingin dapat hasil maksimal dalam budidaya kacang panjang, silahkan lakukan pemilihan lahan dengan cara berikut:
  • Pilih lahan yang subur dengan suhu antara 15-24oC
  • Pilih lahan yang gembur dan dapat sinar matahari maksimal
3. Tahap Pengolahan Lahan
Setelah anda dapat lokasi yang pas untuk menanam kacang panjang ini, maka saatnya anda melakukan pengolahan tanah tersebut. Pengolahan lahan ini anda bisa lakukan dengan beberapa cara, penggemburan dengan cara mencangkul atau dengan cara membajak. Yang terpenting adalah tingkat kedalaman dalam mencangkul atau membajak. Anda bisa lihat dibawah ini :
  • Lakukan penggemburan tanah
  • Kedalam yang disarankan adalah kisaran +/- 30 cm
  • Setelah tanah digemburkan, maka diamkan dulu selama 4-5 hari agar tanah dapat beradaptasi
  • Setelah itu anda buat bedengan.
  • Berikan pupuk dasar ( pupuk kandang atau organik lebih bagus )
4. Tahap Penanaman
Setelah semua proses penyiapan lahan dan sebagainya sudah anda lakukan, maka saatnya menanam benih kacang panjang. Adapun penanaman yang baik adalah diakhir musim penghujan. Karena jika anda menanam kacang panjang pada musim hujan, maka benih kancang banyak yang busuk. Boleh dimusim kemarau asalkan anda mudah mendapatkan pasokan air. Adapun tehnik menanam kacang panjang adalah sebagai berikut:
  • Buat lubang untuk ditanami benih dengan jarak antara 30 x 60 cm, jarak tanam ini sangat berpengaruh dalam pertumbuhan benih. Jika terlalu rapat tidak bagus, begitu pula sebaliknya.
  • Setelah dibuat lubang, lalu isi dengan benih kacang panjang, dalam satu lubang anda tanam 2-3 benih kacang panjang, dan tutup kembali dengan tanah tipis saja supaya benih dapat tumbuh dengan mudah.
5. Tahap Perawatan
Setelah proses penanaman selesai,  maka sambil menunggu benih tumbuh sebaiknya anda siapkan alat perambat atau lanjaran untuk melilit atau merambat tanaman kacang panjang tersebut. Bisa anda gunakan kayu atau bambu dengan panjang kisaran 2 meter. Dalam tahap perawatan lakukan cara berikut:

Penyiraman
Penyiraman harus anda lakukan dengan rutin, terutama dimusim kemarau. Lakukan penyiraman dipagi hari dan sore hari.

Penyiangan
Biasanya tanaman kacang panjang yang sudah mulai merambat akan mulai ditumbuhi gulma atau rumbut liar. Maka anda harus rajin melakukan penyiangan agar gulma atau rumput liar tidak menggangu pertumbuhan kacang panjang. 

Pemupukan
Pupuk merupakan makanan dan nutrisi bagi tanaman, begitu pula tanaman kacang panjang ini. Proses pemupukan harus segera dilakukan saat usia tanaman 15-20 hari. Walaupun sebelumnya sudah anda berikan pupuk dasar, namun ketika benih mulai tumbuh anda harus memupuk kembali agar pertumbuhan kacang penjang lebih cepat. Adapun pupuk yang bisa anda gunakan untuk hasil terbaik adalah pupuk yang tidak merusak sistem tanah. Akan lebih baik anda gunakan pupuk organik atau pupuk kompos. Namun pupuk kimia juga boleh anda gunakan. Untuk pupuk kimia anda bisa gunakan pupuk TSP dan UREA.

Penanggulangan Hama dan Penyakit
Setiap tanaman pasti memiliki masalah, salah satunya adalah serangan hama penyakit. Pada tanaman kacang panjang, hama yang sering menggangu pertumbuhan tanaman diantaranya; kepik daun, kutu hitam dan kutu putih, ulat grayak, penggerek polong, dan lain-lain. Jadi anda harus membasmi semua hama dan penyakit agar tanaman kacang panjang tumbuh tanpa hambatan.

6. Panen
Setelah tanaman kacang panjang berumur sekitar 45-50 hari, maka kacang panjang sudah siap untuk dipanen. Atau ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  • kacang panjang sudah memanjang
  • kacang panjang padat dan keras
  • bentuk daun sudah sangat hijau tua
Kacang panjang ini bisa dipanen berulang kali, biasanya kacang panjang akan tua secara bergantian. Misalnya hari ini dipanen, 2 atau 3 hari kedepan sudah bisa dikutip lagi. Setelah daun mulai rontok maka kacang panjang sudah tidak lagi produktif dan ini saatnya untuk melakukan pencabutan dan pembersihan lahan guna persiapan untuk menanam lagi.

Itulah beberapa Tips dan Cara Budidaya Kacang Panjang Yang baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

0 Response to "Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Baik dan Benar"

Post a Comment