Inilah Ciri-Ciri Buah Naga Yang Perlu Diketahui

Dasar Pertanian - Buah Naga merupakan tanaman yang memiliki sistem rambat atau memanjat dengan kemampuan tumbuh secara optimal di suhu antara 38-40 derajat celcius. Jika anda perhatikan dari bentuk keseluruhan batangnya, tanaman dengan nama latin Hylocereus Undatus ini memiliki kesamaan dengan tanaman kaktus. Ya memang tanaman ini masih termasuk dalam tanaman kaktus yang tergolong dari keluarga Cactaceae, namun bedanya jika kaktus tidak berbuah, sedangkan tanaman ini dapat berbuah.

Untuk mengenali ciri-ciri buah naga ini cukup mudah. Namun bagi anda yang belum pernah mengenal buah naga ini, maka akan sulit untuk mengetahui bagaimana ciri fisik buah naga ini, ciri pohon buah naga, ciri batang buah naga, dan ciri bunga buah naga. Nah pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan membagikan informasi tersebut kepada anda semua, yakni bagaimana kita mengenali ciri-ciri tanaman buah naga beserta seluruh bentuk pohonnya dari akar hingga ke buahnya.

Mengenal Ciri-Ciri Buah Naga 



Mengenal Ciri-Ciri Buah Naga

Ciri-ciri Akar Tanaman Buah Naga

Bentuk akar tanaman buah naga ini adalah merambat atau disebut juga dengan istilah epifit, yang sistem tumbuhnya membutuhkan alat perambat dan hidup menempel pada batang tanaman lain. Makanya jika anda ingin membudidayakan buah naga ini, diperlukan tempat perambat yang khusus guna rambatan tanaman buah naga ini. Bentuk akar tanaman buah naga ini tidak begitu panjang dan membentuk akar cabang. Nah dari akar cabang inilah akan tumbuh lagi akar rambut yang ukurannya sangat kecil serta berjumlah banyak.

Ciri-ciri Bentuk Batang Tanaman Buah Naga

Batang dari tanaman buah naga ini sebenarnya juga difungsikan sebagai daun, sama halnya dengan tanaman kaktus, Bedanya tanaman ini tidak berduri. Bentuk batang buah naga ini umumnya berbentuk segitiga, dan berukuran sangat panjang menjuntai kebawah.

Ciri-ciri Bunga Buah Naga

Setiap tanaman yang berbuah, pada umumnya pasti memiliki bunga. Begitu juga dengan buah naga ini, memiliki bunga yang indah sebelum akhirnya menjadi buah yang indah pula. Adapun bentuk bunga dari buah naga ini menyerupai corong panjang yang berkisar 30 cm, kemudian bunga tersebut akan akan mekar pada waktu sore hari, dan mekar secara sempurna pada waktu malam harinya. Ketika sedang mekar, mahkota bunga pada bagian dalam akan berwarna putih, dan terdapat benang sari yang berwarna kuning. Benang sari tersebut akan mengeluarkan bau wangi yang mana aroma wangi tersebut akan menarik hewan seperti kumbang untuk datang membantu melakukan penyerbukan bunga.

Ciri-ciri Buah Naga

Nah untuk bentuk dan ciri dari buah naga ini, anda pasti sudah penasaran bukan? Tentu bagi yang belum pernah mengetahuinya. Secara fisik, bentuk buah naga ini hampir menyerupai buah nenas. Namun ukurannya lebih kecil dan mempunyai sirip. Sedangkan bentuk kulitnya akan berwarna merah jambu dan memiliki sisik berwana hijau. Bentuk sisik inilah yang dikatakan mirip seperti sisik naga. Sedangkan daging buah naga ini berwarna putih bersih disertai taburan biji-biji kecil berwarna hitam, daging buahnya mirip seperti buah kiwi. Kalau rasa buahnya manis bercampur asam.

Ciri-ciri Biji Buah Naga

Sebagaimana dikatakan diatas tadi bahwa bentuk atau ciri-ciri biji buah naga ini adalah kecil berwarna hitam yang berukuran banyak. Nah biji inilah yang dapat dijadikan benih untuk membuat bibit buah naga secara generatif.
Silahkan Baca Juga: Cara Budidaya Buah Naga Cepat Sukses

Itulah sedikit penjelasan tentang Ciri-Ciri Buah Naga, semoga informasi singkat ini bisa menambah awawsan anda dan bermanfaat bagi anda semua.

1 Response to "Inilah Ciri-Ciri Buah Naga Yang Perlu Diketahui"

  1. TANAMAN NAGA BERBUNGA DI LUAR MUSIM

    TEKNIK APLIKASI KOCOR

    Siapkan Pupuk NPK 1kg, Gandastar NPK Cair 2 tutup (40 ml ) Gandapan Reginae atau Gandasil B sebanyak 4 sdk makan (60 grm ) dan ZPT Dekamon 22,43L 1 sdk makan kemudian larutkan ke dalam 40 ltr air, cukup untuk 10 cagak, selanjutnya kocorkan 2 gembor per cagak. Lakukan setiap 5 – 7 hari sekali.

    APLIKASI SEMPROT

    Gandastar NPK Cair 2 tutup, ZPT Dekamon 22,43L 1 tutup dan Gandapan Reginae 1 sdk makan serta Gandapan sublima 1 sdk makan, larutkan dalam 14 ltr air dan semprot pada akar tanaman yang menempel pada cagak atau tiang menyangga. Aplikasi penyemprotan dilakukan setiap 3 – 7 hari sekali.

    PEMBESAR BUAH NAGA

    Sebelumnya buat “ Larutan Utama “ pembesar Buah “
    Larutkan 4 GA3 dalam bentuk cair, sebuk atau tablet ke dalam Gandastar NPK Cair 1 ltr.
    PEMBESAR BUAH
    (Buah Naga masak secara merata, lebih manis dan warna lebih menarik )

    Caranya : takar larutan utama pembesar buah sebanyak 20 ml, 1 sdk Gandapan Sublima atau Gandasil B 2 sdk makan, dan ZPT Dekamon 22,43L sebanyak 1 sdk makan, tambahkan 5 ltr air aduk sampai rata, kemudian semprotkan pada buah naga secara merata utamanya pada ujung buah naga, mulai umur 20 Hst, 25 Hst dan 30 Hst.
    PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT
    1. Mencegah gagal buah ( bunga naga menguning, mongering dan rontok ). Larutkan 2 sdk makan Fungisida Masalgin 50 WP, 2 sdk makan Gandapan Sublima atau Gandasil B dan 2 sdk makan, dan Mikrofid ZN 14 sebanyak 1 sdk makan kedalam 14 ltr air, kemudian semprotkan pada calon bunga yang masih sebesar biji kedelai (sejak kecil ). Lakukan penyemprotan 5 - 7 hari sekali sampai menjelang panen.
    2. Pengendalian hama yang menyebabkan kegagalan panen, gunakan Insektisida Dimacide 400 EC dengan kosentrasi anjuran 2 – 3 ml/ltr air

    Ir. W. Sudargama Hp. 081233157500

    ReplyDelete