Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimal

Dasar Pertanian: Budidaya gambas dalam pekarangan rumah merupakan cara alternatif yang sering saya lakukan ketika ada waktu kosong dan luang. Karena berkebun dan menanam sayuran adalah hobi saya yang sejak dulu saya lakukan. Dan terakhir ini saya menanam sayuran gambas yang ada dibelakang rumah. Namun masalahnya adalah cuaca yang akhir-akhir ini sering berubah-ubah membuat hasil panen gambas kurang maksimal. Pada awal penanaman memang tidak mengalami kendala apapun dan justru bibit gambas dapat tumbuh sempurna dan subur. Karena pupuk yang saya gunakan adalah pupuk kandang yang memang bagus untuk tanaman. Ketika tanaman gambas mulai merambat dan berbunga, muncul berbagai macam penyakit, ujung-ujungnya pertumbuhan gambas kurang optimal.
Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimal
pertumbuhan gambas kurang optimal ( foto pribadi: wahyu hendro wibowo )

Penyebab tanaman tidak dapat tumbuh optimal sebenarnya cukup banyak. Diantaranya adalah :

1. Serangan hama dan penyakit
Hama dan penyakit merupakan problem bagi para petani atau pekebun yang membudidayakan tanaman dalam kategori pertanian. Semua tanaman pasti akan mengalami masalah ini yaitu terjangkit hama dan penyakit. Akibatnya jika tanaman sudah terserang oleh hama dan penyakit, maka sudah jelas akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak maksimal. Oleh sebab itu agar hasil tanaman atau pertanian berhasil maka perawatan intensif adalah mutlak untuk dilakukan supaya terhindar dari wabah hama dan penyakit.

2. Gulma 
Gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman menjadikan masalah lain dalam dunia pertanian khususnya sayuran. Gulma ini akan mudah tumbuh dengan subur disekeliling tanaman, terutama jika tanaman dipupuk. Maka untuk menanggulanginya diperlukan pembersihan gulma agar tidak menggangu pertumbuhan tanaman.

3. Kondisi tanah yang tidak subur
Faktor kondisi tanah yang kurang subur juga berpengaruh terhadap hasil panen tanaman. Maka sebelum melakukan budidaya pertanian diperlukan pemberian pupuk dasar tertama jika kondisi lahan pertanian kurang subur.  

4. Kurang perawatan
Faktor perawatan juga penting sekali untuk memaksimalkan hasil tanaman. Tanaman yang tidak dirawat dengan baik akan menghasilkan panen yang tidak baik pula. Jika anda sebagai petani tidak melakukan perawatan tanaman anda dengan baik maka jangan heran kalau hasilnya tidak maksimal. Perawatan disini meliputi pemupukan, penyiraman, pembasmian hama penyakit, gulma dan sebagainya.

Nah pada kasus tanaman gambas yang saya alami memang tidak begitu berat, hanya saja ada sedikit kendala yang membuat tanaman tidak berbuah maksimal. Kadang ada yang bungkik atau kerdil, kadang ada juga yang bagus.  Untuk buah yang mulai memunculkan ciri-ciri tidak sehat, biasanya saya langsung membuang supaya tanaman yang busuk tidak menular pada buah yang lain. Selain itu jika perawatan tanaman ini kurang maksimal maka akan menimbulkan masalah lain seperti gagal panen.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan kepada anda, mudah-mudahan setelah anda tahu apa saja yang menyebabkan tanaman tidak tumbuh optimal maka anda akan berusaha untuk mencegahnya.


0 Response to "Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimal"

Post a Comment