Cara Budidaya Cabe Rawit Organik Dalam Pot Cepat Sukses

Dasar Pertanian - Budidaya cabe rawit organik merupakan salah satu metode menanam cabe rawit dengan cara organik, yaitu tanpa menggunakan unsur zat-zat kimia, baik dari segi pemupukan maupun proses perawatannya. Sehingga dengan menanam cabe rawit secara organik ini, dapat menghasilkan cabe rawit segar yang berkualitas dan ramah terhadap lingkungan. Karena budidaya tanaman dengan cara organik akan lebih menguntungkan dan membuat udara semakin segar. Sebagaimana kit ketahui bahwa cabe rawit ini merupakan salah satu bumbu yang banyak digunakan dalam makanan untuk menambah rasa pedas. Jadi banyak orang yang menanam sendiri cabe rawit dipekarangan rumah mereka guna dikonsumsi sendiri, namun ada juga yang menanam cabe rawit untuk dijual. Apapun tujuan anda menanam cabe rawit, yang paling penting adalah bagaiamana supaya cabe rawit dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga akan menguntungkan bagi kita sendiri.

Cara menanam cabe rawit organik sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Proses menanam cabe rawit organik hampir sama dengan menanam cabe pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah bahwa budidaya organik ini kita tidak menggunakan unsur kimia, seperti yang admin katakan diatas, baik itu pupuknya, nutrisi tanamannya, hingga cara dan proses perawatan tidak ada sedikitpun unsur kimia. Untuk mengetahui bagaimana cara menanam cabe rawit organik yang benar agar berhasil, berikut ini hal-hal yang harus kita persiapkan sebelum membudidayakan cabe rawit secara organik.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam rencana menanam cabe rawit organik :
  • Siapkan polibag atau pot juga bisa, dengan ukuran sekitar 25-30 cm ( ini merupakan cara simpel dan efektif jika lahan pertanian anda sempit )
  • Benih atau bibit cabe rawit.
  • Siapkan juga media tanam untuk menanam cabe rawit organik, yaitu berupa campuran tanah dengan pupuk organik ( perbandingan 1 : 1 ).
  • Siapkan pupuk organik cair ( terserah anda mereknya, atau bisa anda buat sendiri ).
  • Siapkan juga pestisida organik.
  • Handsprayer ( semprotan )

Setelah semua persiapan diatas anda lakukan, maka untuk menanam cabe rawit secara organik tinggal pelaksanaannya. Nah berikut ini merupakan Cara Menanam Cabe Rawit Organik Cepat Sukses yang bisa anda terapkan.

Cara Budidaya Cabe Rawit Organik Dalam Pot Cepat Sukses

Cara Menanam Cabe Rawit Organik Dalam Pot

 

  1. Semaikan terlebih dahulu benih/bibit cabe rawit yang sudah anda siapkan. Untuk benih/bibit yang akan disemaikan ini anda bisa membelinya langsung ditoko pertanian dengan kualitas terbaik, atau memilih langsung dari buah cabe yang unggul dengan cara membelahnya dengan hati-hati, kemudian keluarkan semua bijinya dan keringkan sebentar sampai benar-benar kering.
  2. Setelah itu anda rendam biji cabe rawit tadi dalam air hangat, dan diamkan hingga airnya dingin. Setelah itu angkat dan tiriskan, lalu biji cabe yang sudah direndam dengan air hangat bisa anda semaikan pada tempat persemaian, seperti pot maupun polibag.
  3. Kalau untuk media tanam yang akan digunakan untuk menyemai yaitu campuran tanah dengan pupuk organik atau pupuk kandang juga bagus, dengan perbadingan 1:1.
  4. Taburkan biji cabe rawit yang sudah anda siapkan, baik dari hasil membeli maupun mengambil langsung dari biji cabe tadi kedalam media tanam yang sebelumnya sudah anda siapkan.
  5. Setelah itu anda letakkan calon benih/bibit cabe rawit tersebut ditempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sambil menyiapkan pot atau polibag untuk mediat tanam cabe rawit organik, anda harus rajin menyiram biji cabe yang sudah disemaikan hingga tumbuh kira-kira 5-6 cm dan biasanya sudah berumur sekitar 10-15 hari, atau sudah bedaun 3-5 helai.
  6. Setelah bibit siap dipindahkan kedalam media tanam, maka tanamkan bibit cabe rawit pada pot maupun polibag yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik. Pindahkan bibit cabe rawit dari tempat persemaian dengan hati-hati agar tidak mengakibatkan akar menjadi patah.
  7. Cara menanam cabe rawit secara organik selanjutnya adalah anda tanamkan bibit cabe rawit tersebut dan jika sudah selesai maka segera anda letakkan pot atau polibag di tempat yang tidak tertembus sinar matahari selama kurang lebih satu minggu. Setelah seminggu baru anda pindah pada tempat yang mendapat sinar matahari secara cukup.
Silahkan baca juga : Cara Ampuh Budidaya Cabe Rawit Agar Cepat Sukses
Dalam hal ini proses menanam cabe rawit organik sudah selesai anda lakukan, lantas apa yang harus dilakukan agar cabe rawit yang kita tanam dapat berbuah lebat? Maka dari itu diperlukan perawatan intensif. Adapun cara merawat cabe rawit organik ini cukup mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut :
  • Mempupuk
  • Rajin menyiram
  • Menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman cabe rawit
  • Menambahkan nutrisi bagi tanaman cabe rawit dengan nutrisi organik
  • Melakukan pemangkasan tunas agar cabang tanaman menjadi banyak

Itulah sedikit tips bagaimana cara menanam cabe rawit secara organik agar cepat sukses. Mudah-mudahan informasi tentang Cara Budidaya Cabe Rawit Organik Dalam Pot Cepat Sukses yang admin bagikan ini dapat memberikan manfaat kepada anda semua.

2 Responses to "Cara Budidaya Cabe Rawit Organik Dalam Pot Cepat Sukses"

  1. ooo gitu yahh kalau terkena sinar matahri langsung kenapa gan?
    http://www.tutorial-office.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terkena sinar matahari secara langsung nanti benih cabe nya bisa layu dan mati..

      Delete