Apa Itu Arti Perempelan Tanaman ? Yuk Baca Penjelasan Singkatnya

Dasar Pertanian - Perempelan adalah sebuah tehnik pemangkasan tunas pada tanaman yang bertujuan untuk mempercepat proses pembuahan tanaman melalui proses fertilasi. Tanaman yang dipangkas bagian tunasnya akan mengalami proses fertilasi dimana waktu untuk berbuah akan menjadi cepat. Apa sih maksud dari fertilasi tersebut? Proses fertilisasi adalah proses perangsangan bunga sehingga pertumbuhan bunga tanaman akan lebih cepat. Dengan begitu tanaman juga akan cepat berbuah dan bisa di panen lebih cepat dari waktu normal.Jika tunas tanaman tidak dipangkas atau dipotong, maka bisa jadi tanaman tidak mau berbuah dan hanya lebat daun dan ranting saja. Tehnik perempelan tanaman ini biasanya banyak dilakukan petani cabai. Namun sebenarnya semua tanaman budidaya yang memiliki batang dan daun bisa dilakukan perempelan atau pemangkasan tunas.

Ada banyak manfaat dari perempelan tanaman yang dapat kita peroleh jika dilakukan dengan cara yang benar. Adapun tehnik perempelan tanaman yang baik dan benar adalah dengan cara memotong pada bagian tunas, jika pada tanaman cabai pemotongan tunas sebaiknya dilakukan pada saat usia tanaman cabai berumur 30 hari pada dataran tinggi dan umur 21 hari jika tanaman cabai ditanam pada dataran rendah.

Jadi itulah sedikit penjelasan tentang apa arti dari perempelan tanaman, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Arti Perempelan Tanaman ? Yuk Baca Penjelasan Singkatnya"

Post a Comment