Cara Ampuh Mengendalikan Hama Penyakit Tanaman Kacang Panjang

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit merupakan salah satu kendala di dalam budidaya tanaman. Pasalnya kehadiran hama dan penyakit selalu membawa dampak buruk bagi tanaman yang kita tanam. Pada umumnya semua tanaman memiliki resiko terserang hama penyakit, hanya saja tingkat dan intensitas serangan yang berbeda-beda. Selain itu jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman juga berbeda-beda. Sebagai contohnya adalah tanaman jenis sayuran, seperti kacang panjang. Kacang panjang merupakan salah satu tanaman sayur yang sering terkena dampak hama dan penyakit. Jika tidak waspada dan serius dalam merawatnya, maka siap-siap mengalami gagal panen. cara mengendalikan hama penyakit pada tanaman kacang panjang sebenarnya cukup mudah jika kita tahu caranya.

Sebelum kita bahas bagaimana cara membasmi hama dan penyakit kacang panjang, terlebih dahulu kita wajib tahu apa saja jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kacang panjang ini. Dengan mengenal lebih jauh jenis-jenis hama penyakit pada kacang panjang, maka untuk mengendalikannya akan mudah.
Silahkan baca : Jenis-jenis Hama Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Kacang Panjang

Setelah kita tahu apa saja hama penyakit yang menjadi faktor penyebab gagalnya panen kacang panjang, maka sekarang kita harus membahas bagiamana cara mengendalikan hama penyakit pada tanaman kacang panjang. Berikut ini dasar-pertanian akan membagikan sedikit cara dan tips ampuh membasmi hama penyakit kacang panjang.

Cara Mengendalikan Hama Penyakit Tanaman Kacang Panjang


Cara Mengendalikan Hama Penyakit Tanaman Kacang Panjang


1 Melakukan penyemprotan insektisida

Cara mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman kacang panjang adalah dengan menyemprotkan insektisida khusus hama dan penyakit. Karena hama dan penyakit yang sudah menjangkit tanaman, tidak bisa diatasi dengan cara lain kecuali dengan insektisida. Jenis insektisida yang bisa digunakan pada tanaman kacang panjang ini bermacam-macam, seperti Akhodan 350 EC, Matador 25 EC, Decis 25 EC dan juga Curacron 500 EC. Anda bisa memilih sendiri dan membeli insektisida pada toko pertania terdekat.

2. Membersihkan lokasi sekitar tanaman

Selain dengan menyemprotkan insektisida pada tanaman kacang panjang, kita juga harus membersihkan lokasi disekitar tanaman. Karena hama dan penyakit sangat suka dengan lokasi yang kotor, banyak semaknya. Lokasi yang tidak pernah di bersihkan akan menjadi tempat tinggal hama dan memicu penyakit tanaman.

Dengan dua cara diatas yang bertujuan untuk Mengendalikan Hama Penyakit Tanaman Kacang Panjang, mudah-mudahan tanaman kacang panjang anda akan terbebas dari serangan hama dan juga penaykit. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Mengendalikan Hama Penyakit Tanaman Kacang Panjang"

Post a Comment